Wednesday, March 27, 2013

Ganjel Stroke Pump / Plunger Pump

Pernah ngalamin gak klo pas akselerasi (nginjek pedal gas mendadak) berasa seperti nyendal atau nyangkut sesaat? berasa gak responsif, seperti pedal gas sama laju kendaraan engga sinkron? Klo emang gejala-gejala diatas pernah ngalamin sudah pasti problemnya dari struk pump (plunger pump).

Itu tandanya stroke pump udah lemah, bagusnya sih diganti, tapi berhubung harganya lumayan mahal, sekitar 150rban, ada solusi sementara yang mudah dan murah....:)

Posisi stroke pump / plunger

Diganjel aja!.....yup, Coba diganjel dulu aja pakai ring plat yang tipis2. Nge-ganjel-nya di tiang yang menghubungkan antara tempat kabel gas dan tuas struck pump, tiang yang ada per-nya. Caranya copot aja dulu ganjel penahan per-nya, lalu selipkan ring tsb, lalu pasang lagi ganjelnya. Dan coba diperhatikan reaksi mobilnya. Syukur2 berubah dan langsung tidak ada, kalo tidak berubah berarti minta ganti....hehehe :)

Copot spi penahan per tuas
Siapkan ring baut, sesuaikan dengan kebutuhan, biasanya atara 1 ring hingga 3 ring baut. lebih dari itu lebih baik plunger di ganti
Ganjal tual plunger sebelum penahan per (spi)
Penampakan setelah di ganjal



 

Dengan diganjel, berarti jarak main stroke pump lebih panjang, gunanya mengakali stroke pump yang sudah lemah.

selamat mencoba :):)

1 comment:

  1. Ijin gan.... Mau tanya, kijang 7k punya sya idle ok, digas rpm tinggi saat diam ok, tpi pas diajak jln, coba tes responsif, pas di gas tersendat, kyak ada hisapan vakup yg buka tutup gtu, sya coba lepas selang yg ke vakum plastik yg dibawah filter, baru dia normal, kira2 penyebabnya apa ya om?

    ReplyDelete