Tuesday, August 25, 2015

Final Gear / Gigi Rasio Kijang

Gear Ratio / Final Gear (FG) pada kendaraan bergerak belakang memiliki final gear ratio terletak pada gardan atau differential gearnya. Gear ratio pada kendaraan sangat menentukan torsi akhir atau top speed dari kendaraan tersebut. (hap)

Gear ratio ditentukan dengan membagi jumlah gigi pinion dengan jumlah gigi Crown wheel atau Ring Gear.






bagian-bagian gardan

pinion gear dan ring (satelite) gear


Misalnya pada kijang yang pinion gearnya gigi 8 gigi crown wheelnya (ring gear) 41...berarti gear rationya 41:8 = 5,125...(untuk satu putaran roda membutuhkan 5,125 putaran gigi pinion = putaran kopel = selaras dengan rpm mesin). Dengan demikian setiap putaran mesin yang lebih banyak di konversikan menjadi torsi dan tenaga, tetapi hal ini membutuhkan RPM yang tinggi...cocok diaplikasikan untuk mobil2 off road atau mobil2 kompetisi yang bermain di RPM tinggi. (hap)


Penampakan final gear 5.125
Penampakan final gear 4.778

Misalnya Kijang Super 7K sering melewati jalur lurus (TOL) dan cenderung datar, kecepatan 100 km/jam di gigi 5 putaran RPM yg terbaca pada tachometer diatas 3000 rpm.
Kalau melihat dari tabel, Kijang Super 7K 5 speed, ukuran rasio bawaan pabriknya adalah 5,125. Apabila Pengemudi ingin agar mobilnya lebih irit dan nafasnya di tol lebih panjang maka bisa memakai rasio gear 4.778 atau 4.555 bisa memakai punya Kijang Kapsul 1.8 atau yang 2.0 (hap)


tabel rasio gear kijang

Tetapi apabila sering cruising dalem kota atau sering terkena macet (stop and go) maka rasio halus tidak cocok bagi yang sering bermain di gigi rendah, karena tenaga menjadi berat dan torsi berkurang.

Selain itu masih ada diameter Ban. Diameter ban juga mempengaruhi dari hasil dari final gear ratio ini...semakin besar diameter ban di butuhkan gear ratio yang lebih besar agar tenaga dari mesin tidak over loaded. Jadi bagi yang mengganti Kijangnya dengan ban2 / velg super besar perlu di intip lagi deh tabel yang diatas :D :D



47 comments:

  1. Salam kenal....ni aku mau nanya.final gigi ahir grand max 1,3 dn 1,5 ko beda ya?trus klo final gir rasio 1,5 di ganti sma finl gir 1,3 apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om Ning Sih....

      pasti beda dong oom antara Grand max 1.5 dengan 1.3 walaupun sama2 5 spedd, tapi output tenaganya pun sudah gak sama antara 88 ps dengan 97 ps klo gak salah. dari spek tersebut, biasanya rasio FG yang dipakai juga beda agar bisa didapat tenaga yang besar di RPM bawah tapi masih bisa mendapatkan top speed yang maksimal di RPM atas. Biasanya pabrikan membedakan di Final Gearnya agar dengan CC kecil pun Grand Max masih tetap bertenaga dan tetap laju.

      "trus klo final gir rasio 1,5 di ganti sma finl gir 1,3 apa bisa?" >>> bisa oom, nanti pengaruhnya di tenaga bawahnya yang lebih galak, tapi biasanya kedodoran di top speednya. begitupun sebaliknya...

      semoga jelas dan membantu yaah oom...

      Delete
  2. Salam kenal....ni aku mau nanya.final gigi ahir grand max 1,3 dn 1,5 ko beda ya?trus klo final gir rasio 1,5 di ganti sma finl gir 1,3 apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salken om Ning Sih....

      pasti beda dong oom antara Grand max 1.5 dengan 1.3 walaupun sama2 5 spedd, tapi output tenaganya pun sudah gak sama antara 88 ps dengan 97 ps klo gak salah. dari spek tersebut, biasanya rasio FG yang dipakai juga beda agar bisa didapat tenaga yang besar di RPM bawah tapi masih bisa mendapatkan top speed yang maksimal di RPM atas. Biasanya pabrikan membedakan di Final Gearnya agar dengan CC kecil pun Grand Max masih tetap bertenaga dan tetap laju.

      "trus klo final gir rasio 1,5 di ganti sma finl gir 1,3 apa bisa?" >>> bisa oom, nanti pengaruhnya di tenaga bawahnya yang lebih galak, tapi biasanya kedodoran di top speednya. begitupun sebaliknya...

      semoga jelas dan membantu yaah oom...

      Delete
  3. Mau tanya dong... Mobil saya kijang 5k 5 speed. Saat ini saya sudah modif alto dgn ban 15, 235/75. Kenapa yaaa setelah sdh pake ban diametr besar tarikan mobil saya jdi lemah?? Cocoknya final gear brapa yg harus saya ganti. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake final gearny kijang 7k yg 5,125

      Delete
    2. salken om Yani....

      cara paling mudah itu mengganti Final Gear dengan yang lebih kasar oom, agar putaran pada ban tidak terlalu membebani mesin. untuk pilihan FG nya bisa dilihat di tabel aja disesuaikan dengan kebutuhan....

      semoga membantu

      Delete
  4. Bisa gak final gear kijang super diganti dengan corolla

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om ardhian...

      bisa aja oom, asal dengan perhitungan yang tepat semua bisa kok

      semoga membantu

      Delete
  5. saya pny kijang doyok yg masih std, larinya lemot, bensin boros, sy mo ganti pakai ban ukuran ring 14, gigi rasio yg cocok pakai kepunyaan apa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om didik....

      saran sih cari rasio gear yang kasar oom, makin besar angkanya makin galak tenaga bawahnya, cocok untuk penggunaan ban yang besar

      semoga membantu

      Delete
  6. Sore Om. Kijang sy SX thn 99 4 maju 1 mundur. Kemaren sy ganti yg 5 speed (5 maju 1 mundur). Tp buat lari rasanya masih ngegerung suaranya dan lari 115km/jam aja rasanya berat banget. Gardan harus di gantikah? Klo harus diganti yang ukuran berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om Blog Koe....

      nah karena gearboxnya sudah diganti dari 4 speed menjadi 5 speed, otomatis hitungan pabrikan Final Gearnya jadi berantakan oom, menyebabkan output tenaga ke bannya menjadi berkurang atau tidak maksimal. Silahkan liat tabel aja oom menyesuaikan CC mesin dan cari yang 5 speed juga agar kembali normal...

      semoga membantu

      Delete
  7. Selamat siang om mau tanya untuk kijang grand 95 5 speed gigi pinionya dan gigi ring gearnya berapa yaaa terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Say mau Tanya Sama Kawan2 Semua Saya punya Mobil Kijang Grand Extra 94. Masalahnya Klau Mendaki Tarikannya Berat. Kira2 Apa masalahnya ?.. Soal Sudah berapa kali Bawah Kebengkel Sampai Sekarang belum dapat solusinya yang mana yang perlu kita ganti. mohon bantuan sama kawan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom arfah,

      mohon maaf saya belum bisa mendiagnosa hanya berdasarkan keterangan dari penjelasan oom, karena informasinya masih sangat sedikit, takutnya saya malah salah diagnosa.

      berat di tanjakan itu masalahnya bisa beragam oom, mulai dari ada masalah di mesin, setingan mesin kurang tepat, bisa karena timing pengapian terlalu advance, bisa juga karena kampas kopling bermasalah, bisa juga karena final gear gardan yang tidak cocok, dll

      semoga membantu

      Delete
  9. Om kalu gigi nanasnya 8 beringnya sama nga dgan gigi 9

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja oom, tapi saya tidak menyarankan untuk diganti/dibongkar karena kemungkinan berhasilnya sangat kecil dan rata2 malah setelah dibongkar gardannya jadi dengung

      semoga membantu

      Delete
  10. Om sy mau tanya sy punya kijang tahun 86,,persenelingnya sudah sy ganti dengan yang 5 speed,,di tanjakan tenaga nya agak loyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah karena gearboxnya sudah diganti dari 4 speed menjadi 5 speed, otomatis hitungan pabrikan Final Gearnya jadi berantakan oom, menyebabkan output tenaga ke bannya menjadi berkurang atau tidak maksimal. Silahkan liat tabel aja oom menyesuaikan CC mesin dan cari yang 5 speed juga agar kembali normal...

      semoga membantu

      Delete
  11. Malem Om.. Mau nanya, kalau final gear lgx diesel diganti dengan lgx 1.8 atau 2.0 efeknya gimana ya.. Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba aja oom, lalu di share disini hasilnya, karena saya sendiri juga belum pernah coba di lgx diesel

      semoga membantu

      Delete
  12. Om mau tanya punya saya kijang super tahun 92 kalai buat lari ditol kecepatan 110 mesin kok sudah meraung banget ya...

    Kadang jiper juga sama temen" yg larinya 140km/jam ...

    Boleh minta sarannya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi transmisi sudah 6 speed 5 maju 1 mundur

      Delete
    2. meraung bisa jadi karena efek oli visco yang terlalu banyak sehingga suara kipas radiatornya menjadi sangat menderu dan efeknya tenaga mesin jadi banyak berkurang, atau bisa juga karena kampas kopling sudah tipis atau kuku dekrupnya udah lemes.

      semoga membantu

      Delete
  13. Halo gan salam kenal, saya mau tanya kijang saya lgx efi 1.8 rencana pengin ganti gigi crown wheel sama pinion karena sudah dengung di kecepatan diatas 80 kpj, untuk jumlah gigi crown wheel nya berapa ya gan? Soalnya saya pengin belanja online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom adjick,

      saran saya sih sebaiknya gardan jangan di utak atik oom, karena kemungkinan sembuhnya itu sangat kecil dikarenakan pengerjaan gardan itu harus sangat presisi, salah beberapa mikron aja bisa bikin dengung atau macet.

      kalau dengung saran saya sebaiknya ganti aja segelundungan cari copotan atau gunakan oli dengan kekentalan SAE 140 untuk oli gardannya saja.

      semoga membantu

      Delete
  14. Butuh saran dong om sya punya corolla dx 4 speed 4k kira kira kalo di rubah FG nya biar nafasnya panjang pakai ratio apa ya om yang cocok.?
    Terimas kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai FG yang halus oom supaya hitungan akhir rasio gigi 3 ke 4 nya bisa lebih lebar oom

      semoga membantu

      Delete
  15. Butuh saran dong om sya punya corolla dx 4 speed 4k kira kira kalo di rubah FG nya biar nafasnya panjang pakai ratio apa ya om yang cocok.?
    Terimas kasih

    ReplyDelete
  16. Tanya om, satu paket gardan kijang kapsul 1.8 karbu bisa PnP ke kijang super 95 gak ? Mohon pencerahanya om thanx

    ReplyDelete
  17. Om....kijang saya tahun 91 mesin 5k dah pake sc 14,gearbox cressida gardan FG 4,666,karbu DCN suara mesin masih meraung....apa ada ide

    ReplyDelete
  18. Maaf mau nanya,saya punya kijang thn 94 tipe kf50 spr,apa benar presnelingnya hanya 4 speed?

    ReplyDelete
  19. OM Mau tanya. kijang rover saya setelah saya ganti ban R 15 tenaganya loyo,
    untuk ganti FG yang disarankan pakai berapa agar tenaga lebih kuat

    ReplyDelete
  20. Om, tanya ...
    Kijang saya 2002 7k LX karbu, kok di tol 90 km/jam rpmnya tinggi ya...
    1. Seri LX itu pinionnya 8 / 9 ? (rencana mau ganti pinion 9 atau copotan)
    2. Memang ban udah saya ganti 195/65/15, pengaruh nggak ya mas di power / speed ?
    3. Makasih

    ReplyDelete
  21. Bedanya gardan kijang kapsul sama innova apa ya om, entah perasaanku tenaga maksimal kijang ni di top speed 120 sudah merangung" padahal tenaga itu masih ada, tkyu

    ReplyDelete
  22. Selamat malam om...saya menggunakan kijang lgx efi 1.8 skrg terasa boros dan tarikan nafasnya pendek. Ada teman menyarankan pake gardan corolla dx..skrg saya menggunakan ban R16. Apakah dampaknya ke tenaga mesin klo di ganti gardan corolla dx?

    ReplyDelete
  23. Om, saya punya kijang th 92 5 sped,
    Tiap hari bawa muatan sampai 2 ton dijalan yg belumpur dan berlubang,
    Masalah yg saya alami gardan sering kandans dan akhirnya kepater.
    Saya punya pikiran gimana klo tak ganti pelek ring 15 agar posisi gardan lebih tinggi, tapi aku bingung apa yg harus aku ganti agar tenaganya juga kuat,
    Hari2 hatinya cuma pake gigi 1,2, jarang pake 3

    ReplyDelete
  24. Maksud aku apa yg harus aku ganti dan ganti pake punyanta apa agar bisa pake ban besar dan tenaga tetap kuat.

    ReplyDelete
  25. Salam kenal om,🙏 saya punya kijang G 1.8 thn 96 Mesinnya terasa bertenaga cuman masalahnya klo keluar kota, rpm sdh tinggi tapi lari nya cuma 100km/jam pelek juga saya sdh ganti dgn ring 14, ukuran ban 195/60 tapi kayaknya sama dgn ukuran 13 standar, saran teman katanya ganti aja ukuran gardan, klo saran om ukuran yg berapa sih yg pas, seblm & sesdhnya terimakasih banyak om

    ReplyDelete
  26. Saya punya kijang pic up kapsul 2000 mau diganti ring 17 biar napas panjang gigi satu nya dan sterus nya apa perlu ganti dengan gardan Innova atau main Tokol gardan Innova nya

    ReplyDelete
  27. Mobil saya Kijang Krista Diesel Tahun 2000. Saya mau kecepatan mobil saya lari kencang. Gardan Kijang mana yg cocok utk dipasang agar bisa lari kencang?
    Mohon petunjuk. terima kasih

    ReplyDelete
  28. mobil saya kijang super g 95 sdh ganti platina ke cdi sudah ganti kampas kopling 1 set semuanya sdh di stell tapi kok berat sekali menanjak dipendakian apalagi kalo penumpang sdh lebih dari 4 orang ban yg saya pakai r14 195/65 terima kasih

    ReplyDelete
  29. Salam kenal. Om, apakah ada rekomendasi toko penyedia sparpart Kijang 5K / 7K. Mau cari final Gear. Terima kasih

    ReplyDelete
  30. Slm kenal dri solo jawatengah om..mau tanya jumlah ggi gardan standart kijang super G 8 apa 9 ya om ?trimaksih slmnya om..

    ReplyDelete