Thursday, March 28, 2013

Entengin pedal kopling




Pasti semua pemilik kijang pernah ngeluh ngerasain pedal koplingnya keras atau berat,  bikin pegel kalaau lagi nyetir apalagi ketemu macet, kecuali yang udah pake matic yaah, itu mah gak usah dibahas...hehe

Selain karena koplingnya udah tipis atau dekrupnya udah harus diganti, ada cara lain apabila bagian tersebut tidak bermasalah. Menurut arsip, ada beberapa cara untuk ngentengin pedal kopling kijang, berikut bocorannya untuk bisa dapat diaplikasikan ke kijang teman2 yang masih pada berat koplingnya :)
  • Ganti master koplingnya pake punya Diesel, karena lebih besar dibanding punya Bengsin. ciri2nya kalau master kopling kijang diesel warnanya merah, sedangkan punya kijang bengsin warnanya hitam.
  • Modifikasi tuas pengungkitnya (fork) jadi lebih panjang, otomatis master kopling bawah juga musti di rubah posisinya/digeser/ bikin dudukan baru.
Di milis, alm. Opi pernah sharing bahwa maksimal pergeseran garpu kopling adalah 2 cm dan spacernya juga 2 cm. Dan menurut beliau lebih dari 2 cm jadi dak center. 

Kebetulan kemarin iseng "prakarya" ngolong bikin adaptor buat manjangin fork kopling, tapi saya bikinnya knockdown / plug n play tanpa harus di las. bahannya pake fork aslinya kijang, cuma sedikit di modifikasi. Untuk dudukan master kopling bawahnya, karena setelah di modifikasi jadi maju sekitar 4 cm, maka dibuat dudukan dari plat 4 mm. Dengan catatan, posisi master kopling di hitung ulang agar tetap center menekan fork. Setelah stelan pedal di sesuaikan lagi, hasil akhirnya...UEEENTEEENG POOLL!!.....siap deh buat macet2an tanpa kaki pegel :)

15 comments:

  1. mas saya tertarik mau minta dibikinin apabisa n biayanya berapa, saya tinggal ditangerang makasih sebelumnya, email : hadi.purwanto31@gmail.com

    ReplyDelete
  2. mas saya tertarik mau minta dibikinin apabisa n biayanya berapa, saya tinggal ditangerang makasih sebelumnya, email : hadi.purwanto31@gmail.com

    ReplyDelete
  3. lek hadie, kalo umpama diganti punya diesel doang ngaruh banget kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaruh mbah. monggo dicoba pake punya diesel dulu :)

      Delete
  4. Ikut pm donk om, mau dtes didik_setiyawan@rocketmail.con

    ReplyDelete
  5. Ikut pm donk om, mau dtes didik_setiyawan@rocketmail.con

    ReplyDelete
  6. Apakah bisa diaplikasikan ke kijang super kf 40? Kalo bisa, harganya berapa?

    ReplyDelete
  7. Apakah bisa diaplikasikan ke kijang super kf 40? Kalo bisa, harganya berapa?

    ReplyDelete
  8. sy mau dibikinin om..bisa kirim ke ntt? ini wa saya om 082339093338

    ReplyDelete
  9. om sy mau juga donk adaptor manjangin fork kopling

    ReplyDelete
  10. Mas,bisakah saya pesan fork kopling sama dudukan master kopling nya...please..

    ReplyDelete