Monday, August 24, 2015

pasang underbrace dan sway bar

Banyak cara agar stabilitas kendaraan kita dapat ditingkatkan. Mulai dari memasang stabilizer, underbrace, strutbar, anti roll bar, ganti karet bushing pake bahan PU atau teflon, ganti shockbreaker, dll.

sangat sulit memperoleh komposisi yang ideal antara kestabilan dan kenyamanan. Dibikin stabil pasti bantingan jadi keras, pengen empuk tapi body ngebuang....susah yaah pake kijang hahahahaha

pasti ada konsekwensi dari kenyamanan berkendara. dengan di buat lebih rigid otomatis bantingan menjadi lebih keras dari standarnya. Suspensi yang lebih rigid akan membutuhkan ban lebih baik pada saat bermanuver, karena beban yang tadinya di redam oleh gerakan body ketika suspensi di buat rigid maka semua akan dipindah ke ban.

Underbrace
Underbrace adalah perangkat yg mengikat chasis bawah pada 4 titik atau 2 titik.
Kegunaannya adalah mengurangi kelenturan chasis dan menambah rigiditas, tanpa menambah beban terlalu berlebih. handling akan terasa lebih joosss, terutama pada trek bergelombang atau pada saat bermanuver.

karena kelenturan chasis berkurang, maka beban kerja suspensi dan ban untuk meredam benturan jalan akan meningkat drastis. untuk itu, dianjurkan tidak menggunakan suspensi yg terlalu keras karena dapat berpengaruh pada kenyamanan penumpang serta meng-upgrade penggunaan ban.

underbrace pada toyota kijang super / grand

underbrace pada toyota kijang kapsul


Strutbar
Strutbar menjaga dua titik pegangan shockbreakar antara kanan dan kiri agar tidak bergerak berlebih ketika bermanuver sehingga momen nya berkurang.
saat menggunakan strutbar, ketika melibas tikungan maka suspensi akan menjadi lebih kaku sehingga aman di kecepatan tinggi.

Swaybar / Rear Stabilizer
Sway bar adalah perangkat yg menghubungkan pangkal suspensi di kedua roda belakang.
yang bertujuan untuk mengurangi gejala body roll saat belokan tajam.

karena stabilizer mengingkat kedua roda, efeknya adalah mengurangi fleksibiltas roda belakang apalagi di trek offroad.

sway bar

2 comments: