Tuesday, July 9, 2013

Extra Fan AC

Sekedar tips bagi yang ingin memasang extra fan AC, dapat mencoba tips berikut.
Penempatan extra fan yang biasanya di taruh di depan kondensor ac (dibelakang grill) terkadang hasilnya kurang maksimal dikarenakan hembusan angin tidak semuanya melewati kisi2 kondensor yang relatif sempit. Menganut sistem kerja pada AC rumah yang bila diperhatikan posisi kipas dibelakang kondensor membuat sirkulasi angin lebih maksimal karena angin dipaksa masuk melewati kisi-kisi kondensor sehingga pendinginan lebih maksimal.

Untuk lebih jelasnya silahkan liat gambar.

 
arah angin yang melewati kondensor AC, nantinya fungsi extra fan dari meniup menjadi menghisap

karena jarak antara kondensor AC dengan radiator sangat dekat sehingga tidak ada space untuk kipas maka kita ganjal dengan menggunakan ring/mur yang tebal

jarak engine fan dengan radiator normalnya sekitar 5cm, jadi masih cukup untuk dimajukan

dinamo extrafan hampir menempel dengan radiator

posisi extra fan ketika dimasukan antara kondensor AC dengan radiator

trigger extrafan kita ambil dari kabel yang menuju kompresor / magnet pulley AC
kabel kita jumper menggunaka jumper model jepit



Selamat ngoprek....:D

Friday, July 5, 2013

Modifikasi Thermostat Kijang

Fungsi dari thermostat adalah sebagai katup buka-tutup yang berfungsi untuk mengalirkan air radiator ke mesin, dimana standar punya kijang adalah 82 derajat C (baru membuka di suhu tersebut). Nah apabila thermostat lebih cepat membuka maka otomatis suhu mesin lebih cepat turun, efeknya diharapkan mesin jadi lebih tidak sensitif terhadap panas, sehingga jeroan mesin tidak mengembang berlebih akibat panas.

Dari situ kita harapkan tenaga si mesin akan lebih konstan jika dipakai jalan jauh serta mesin jadi lebih awet. Efeknya klo mesin lebih dingin, timming ignition bisa dinaikan sehingga ada gain ekstra tenaga dari situ.

Untuk itu disarankan menggunakan thermostat bawaan Honda Accord, karena selain bentuknya mirip, Honda Accord membuka lebih cepat, yaitu di 78 derajat C

Efek positifnya, akselerasi dan tarikan lebih mantap dan konsumsi bensin lebih irit, mungkin karena visco fan relatif jarang "ngunci".   (toyota-kijang@yahoogroups.com)

Maaf fotonya kurang jelas, kameranya bapuks hehehe....



Thermostat original toyota 82 derajat




Thermostat Honda 78 derajat