Thursday, March 28, 2013

Stel rem tangan

Kabel handbrake atau rem tangan terhubung langsung pada rem teromol di buritan mobil. Jika kampas rem belakang masih bagus, sementara rem tangan tidak berfungsi meski sudah ditarik mentok, segera cek setelan handbrake yang ada di rumah teromolnya.

Cara setelnya gampang kok:

  • Buka ban terlebih dahulu.
  • Buka rumah teromol
  • Setelah terbuka, terlihat ada pin pengunci gir setelan.
  • Tarik pin tersebut sambil memutar gir kearah luar (bisa dengan mempergunakan obeng minus) sehingga posisi kampas rem lebih rapat.
  • Apabila teromot terasa seret, keset dan padet (hehehe) segera kendurkan sedikit gir penyetel kearah yang berlawanan.
Selamat mencoba!

Entengin pedal kopling




Pasti semua pemilik kijang pernah ngeluh ngerasain pedal koplingnya keras atau berat,  bikin pegel kalaau lagi nyetir apalagi ketemu macet, kecuali yang udah pake matic yaah, itu mah gak usah dibahas...hehe

Selain karena koplingnya udah tipis atau dekrupnya udah harus diganti, ada cara lain apabila bagian tersebut tidak bermasalah. Menurut arsip, ada beberapa cara untuk ngentengin pedal kopling kijang, berikut bocorannya untuk bisa dapat diaplikasikan ke kijang teman2 yang masih pada berat koplingnya :)
  • Ganti master koplingnya pake punya Diesel, karena lebih besar dibanding punya Bengsin. ciri2nya kalau master kopling kijang diesel warnanya merah, sedangkan punya kijang bengsin warnanya hitam.
  • Modifikasi tuas pengungkitnya (fork) jadi lebih panjang, otomatis master kopling bawah juga musti di rubah posisinya/digeser/ bikin dudukan baru.
Di milis, alm. Opi pernah sharing bahwa maksimal pergeseran garpu kopling adalah 2 cm dan spacernya juga 2 cm. Dan menurut beliau lebih dari 2 cm jadi dak center. 

Kebetulan kemarin iseng "prakarya" ngolong bikin adaptor buat manjangin fork kopling, tapi saya bikinnya knockdown / plug n play tanpa harus di las. bahannya pake fork aslinya kijang, cuma sedikit di modifikasi. Untuk dudukan master kopling bawahnya, karena setelah di modifikasi jadi maju sekitar 4 cm, maka dibuat dudukan dari plat 4 mm. Dengan catatan, posisi master kopling di hitung ulang agar tetap center menekan fork. Setelah stelan pedal di sesuaikan lagi, hasil akhirnya...UEEENTEEENG POOLL!!.....siap deh buat macet2an tanpa kaki pegel :)

Celah Busi

Celah alias gap busi yang sering dianggap sepele, ternyata bisa jadi faktor penyebab borosnya konsumsi BBM di kendaraan. Makanya perawatan rutin alias servis berkala jadi sangat penting dilakukan. Salah satunya, pengecekan celah busi untuk mendapat konsumsi BBM paling ideal.

Setiap kendaraan punya celah busi yang sudah disarankan pabrikan. Bila penyetelan di luar ketentuan, tak hanya BBM yang amblas, tetapi akselerasi dan top speed bisa tersunat

Hubungannya dengan kinerja mesin sangat erat dengan waktu pengapian dan besarnya percikan api di ruang bakar. Kalau celah busi terlalu rapat, tarikan awal sedikit berkurang dan gejala ngelitik terasa karena mesin menjadi cepat panas.

Sebaliknya bila celah terlalu renggang, percikan api memang menjadi besar namun disertai penurunan stasioner (langsam) karena timing pengapian menjadi mundur. Berbuntut tenaga mesin menjadi enak tetapi konsumsi lebih boros.

"Celah busi pada umumnya dikasih 0.8 - 1.1mm. kalo mau businya awet, kasih gapnya 0.8 aja. kalo mau performance, kasih 1.0 aja, tapi konsekuensinya busi jadi ga awet. kalo aku biasa kasih gap 1.0 dengan interval pemakaian 5.000km." jelas Ian kabeng ERC yang biasa menangani mobil Toyota Kijang.





Gunakan puller untuk menyetel gap pada busi
Bersihkan secara berkala chop busi dari oksidasi atau karat agar tidak mengganggu arus listrik
Stel celah / gap busi
TIPS:
  1. Untuk performance maksimal mobil Kijang dapat menggunakan busi IW20 (Iridium) atau W20EXR-U11 (Platina)
  2. Elektroda dan payung agar dibuat sejajar dan tegak lurus agar pengapian sempurna

dibuat sejajar


Kuras power steering

Cara Kuras Minyak Power Steering (Butuh 2 orang)

Berikut adalah tahapan untuk menguras total oli power steering. minimal dibutuhkan 2 botol oli power steering untuk melakukan tahapan ini.
  1. Buka selang balik yang berasal dari sistem hidraulik ke tabung, selang ini dialiri oli bertekanan rendah, biasanya hanya diikat menggunakan klem.
  2. Buka slang balik menggunakan tang, pada model tertentu, klemnya dibuka  menggunakan obeng.
  3. Tutup saluran masuk dari saluran balik pada tabung. Bisa juga disumbat menggunakan plastik yang diikat.
  4. Slang yang terbuka dimasukkan ke botol sebagai penampung oli yang keluar.
  5. Pengurasan harus dibarengi pengisian oli yang baru. Tujuannya agar tidak ada gelembung udara pada saluran olinya.
  6. Agar oli bisa bersirkulasi, mesin perlu dihidupkan saat mengisi.
  7. Orang (1) menuangi minyak PS ke reservoir sambil melihat oli yang keluar dari slang balik dan masuk ke penampungan.
  8. Jika oli baru yang dituang habis, orang (2) segera matikan mesin.
  9. Orang (2) menghidupkan mesin kembali, orang (1) kembali menuang oli baru berikutnya. Biasanya perlu 2 liter oli atau lebih.
  10. Bila oli yang keluar dari slang balik sudah jernih, matikan mesin.
  11. Pasang kembali slang balik pada salurannya.
  12. Setelah selesai, bersihkan segera bekas-bekas tumpahan oli dengan air dan detergen.

Catatan : Oli ATF spt Mobil ATF Dexron III tdk merusak cat, tapi dapat merusak karet-karet jika tdk dibersihkan segera. (dikutip dari toyota-kijang@yahoogroups.com) 

Wednesday, March 27, 2013

Turbomizer

Info modifikasi dari milis luar :

The TURBOMIZER is a gas saver which tries to supply more air into the intake manifold whenever the vacuum pressure reaches a certain value. At this point, the lowering of the vacuum pressure in the intake manifold results in weakening of the supply of air to be mixed with the fuel in the carburator.




This signals the operation of the TURBOMIZER wherein the piston in the TURBOMIZER moves upwards thus opening the air intake port to the atmosphere. Air will thus rush from the TURBOMIZER to the intake manifold supplementing the air coming from the carburator's venturi. The air-fuel mixture is thus prevented from being rich resulting in more efficient combustion. This will consequently result in more power, less pullutants, and ultimately, better fuel economy.




Pro Filter

Minggu sore kemarin rencananya sih pengen cuci mobil. Berangkatlah dari rumah di cinere, ternyata hari raya banyak bengkel cuci yang tutup. Puter2 sambil nyari ketemulah satu bengkel cuci yang buka. Mobil siap, langsung naik, langsung semprot....

Singkat cerita sembari nunggu, iseng liat2 pernak-pernik yang ada di etalase toko. Dugaan saya sih dulunya ini bengkel besar, cuma kerena suatu hal sekarang sepi (katanya karena imbas pelebaran jalan). Iseng2 liat nemu hal menarik yaitu Air Filter. Dan kebetulan pas ada yg untuk Kijang 7K.
Dusnya sih udah berdebu, mungkin karena barang lama, tapi setelah dilihat ternyata dalemnya masih ciamik. Tanya sama yang punya bengkel harganya 45rb... Bayar! hehehe....






Disitu dijelasin: Washabe, Reuseable dan High Flow....dan uniknya cocok untuk kondisi berdebu...hmmm jadi makin penasaran....

Cucok untuk 2K, 3K, 4K, 7K, Grand



Bahannya seperti busa, dengan bagian dalam menggunakan kawat ram
Beginilah penampakannya ketika sudah dipasang...hehehe
Efeknya yaah sama laah klo pake open filter, cuma bedanya masih pake rumah filter standar dan gak nyedot udara panas mesin langsung :) 




Toyota 7K Engine Repair Manual

Yang suka ngoprek kijang, silahkan di download pdf nya :)
Berisi lengkap repair manual kijang 7K. Buat yang mesin 5K atau 4K juga gak terlalu jauh beda kok, hanya beberapa bagian saja. Basenya masih sama mesin K.

*thanks to om olga di bandung

ini linknya yaah
http://www.sendspace.com/file/52asvs

Ganjel Stroke Pump / Plunger Pump

Pernah ngalamin gak klo pas akselerasi (nginjek pedal gas mendadak) berasa seperti nyendal atau nyangkut sesaat? berasa gak responsif, seperti pedal gas sama laju kendaraan engga sinkron? Klo emang gejala-gejala diatas pernah ngalamin sudah pasti problemnya dari struk pump (plunger pump).

Itu tandanya stroke pump udah lemah, bagusnya sih diganti, tapi berhubung harganya lumayan mahal, sekitar 150rban, ada solusi sementara yang mudah dan murah....:)

Posisi stroke pump / plunger

Diganjel aja!.....yup, Coba diganjel dulu aja pakai ring plat yang tipis2. Nge-ganjel-nya di tiang yang menghubungkan antara tempat kabel gas dan tuas struck pump, tiang yang ada per-nya. Caranya copot aja dulu ganjel penahan per-nya, lalu selipkan ring tsb, lalu pasang lagi ganjelnya. Dan coba diperhatikan reaksi mobilnya. Syukur2 berubah dan langsung tidak ada, kalo tidak berubah berarti minta ganti....hehehe :)

Copot spi penahan per tuas
Siapkan ring baut, sesuaikan dengan kebutuhan, biasanya atara 1 ring hingga 3 ring baut. lebih dari itu lebih baik plunger di ganti
Ganjal tual plunger sebelum penahan per (spi)
Penampakan setelah di ganjal



 

Dengan diganjel, berarti jarak main stroke pump lebih panjang, gunanya mengakali stroke pump yang sudah lemah.

selamat mencoba :):)

3rd Brake Lamp


Iseng-iseng daripada iseng bikin lampu stop lamp. Mikir biar beda aja, tadinya mau pasang lampu epwan um JL, tapi gak sempet2 dan di pikir2 kurang sreg karena naronya dikolong bemper belakang. awalnya sih kepikiran pake lampu rem punya rx-king yang baru. Mungkin next project bakalan disharing disini tentang lampu kabut :)

Akhirnya kepikiran pake bidang yang ada, yaitu rumah lampu plat nomor belakang :)
Tahap pertama mencopot plat besi tulisan toyota, lalu rumah lampu dibolongi bisa menggunakan cutter yang dipanasi atau dengan cara di bor lalu digergaji. Untuk mika lampu bisa menggunakan mika lembaran warna merah. tapi berhubung saya tidak suka yg polos saya menggunakan mika segitiga darurat. Potong mika menggunakan gergaji besi.

Untuk lampunya saya menggunakan lampu led stoplamp yang biasa ditempel dikaca. Kalau sudah jadi tinggal sambungin deh kabelnya ke lampu rem sebelah kanan.
Selamat mencoba.

Segitiga darurat (baru) = 50rb, Stoplamp LED = 50rb, lem powerglue = 5rb, lem silikon warna hitam = 3rb, kabel secukupnya = 10rb.



PF (Power Fuel)

POWERFUEL adalah aditif BBM untuk mesin bensin ataupun diesel dalam
konsentrat tinggi (dosis pemakaian 1 : 4.000) yaitu cukup 10 ml aditif untuk 40 liter BBM. POWERFUEL telah diuji coba secara seksama dengan hasil yang memuaskan karena merupakan pengembangan yang intensif dan generasi terbaru dari formulasi aditif yang lebih ramah lingkungan (bio degradable).
POWERFUEL terbuat dari bahan non-hidrokarbon yang tidak beracun dan
tidak mudah terbakar sehingga aman serta mudah dibawa di kendaraan.
POWERFUEL merupakan hasil kerjasama dari ELNUSA PETROFIN – LIPI
(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

MANFAAT POWERFUEL

A. Memberikan penghematan
1. Biaya BBM lebih irit
2. Biaya pelumas lebih hemat
3. Biaya perawatan/maintenance dan suku cadang berkurang
4. Waktu pemeliharaan lebih singkat
5. Umur mesin kendaraan lebih panjang

B. Kenyamanan berkendara
1. Tenaga mesin meningkat
2. Tarikan/akselerasi lebih kuat
3. Memberikan peningkatan kecepatan

C. Membantu mengatasi pencemaran udara melalui emisi gas buang yang
lebih ramah lingkungan
1. Terjadi pembakaran yang lebih sempurna
2. Mengatasi terjadinya masalah deposit ruang bakar
3. Emisi gas buang lebih bersih melalui penurunan kadar CO (carbonmonoxyde) dan HC (hydrocarbon).

Tips pemakaian POWERFUEL dari pengalaman member TKCC (Toyota
Kijang Cyber Community), bisa diaplikasikan untuk mesin Bensin maupun
Diesel(Solar).

1. Untuk pemakaian pertama (belum pernah memakai POWERFUEL sebelumnya) :
a. Masukkan 25 ml sampai 30 ml POWERFUEL ke dalam tangki BBM mobil Anda (2 botol untuk POWERFUEL yang kemasan botol kecil @ 15 ml ; untuk yang kemasan 1 liter, takaran bisa menggunakan suntikan atau 3X tutup kemasan 1 liter. 1 tutup kemasan 1 liter +/- 10 ml). Isi tangki BBM mobil Anda sampai penuh.

b. Jalankan/gunakan mobil seperti biasa/pemakaian sehari hari, jangan kaget apabila tarikan mobil sedikit berat dan mesin sedikit tersendat (mbrebet) itu berarti POWERFUEL sedang bekerja membersihkan kerak yang ada di ruang bakar.

c. Setelah BBM hampir habis (tanda strip terakhir di penunjuk BBM mobil Anda), ulangi langkah “a” dan “b” di atas. Kemungkinan besar mesin mobil Anda sudah tidak mbrebet lagi karena kerak yang berada di Ruang Bakar sudah berkurang.

d. Untuk selanjutnya, tambahkan 10 ml – 15 ml POWERFUEL setiap kali Anda mengisi penuh tangki BBM mobil Anda atau setiap kelipatan 40 liter (contoh : mengisi 20 liter BBM kemudian 1 atau 2 hari kemudian mengisi lagi 20 liter BBM)

2. Untuk yang pernah menggunakan POWERFUEL sebelumnya :

Masukkan 10 ml – 15 ml POWERFUEL setiap kali Anda mengisi penuh tangki BBM mobil Anda atau setiap kelipatan 40 liter (contoh : mengisi 20 liter BBM kemudian 1 atau 2 hari kemudian mengisi lagi 20 liter BBM) Selamat merawat mobil Anda dengan secara rutin menambahkan POWERFUEL saat mengisi BBM pada tangki mobil Anda.

Harga terakhir : Rp. 300.000 (tahun 2006)


9 Power

Awalnya sih cuma iseng jalan2 aja waktu ke Tumplekblek 2010 waktu itu...cuma penasaran liat stand yang jualan alat 9Power rame. Setelah ditanya fungsi dan manfaatnya tambah bikin penasaran, apalagi harganya waktu itu cuma 30rb saja.

Kata brosurnya begini....

- Dapat digunakan disemua jenis mesin 2 Tak, 4 Tak dan Matic
- Untuk Mobil hanya bisa digunakan dimobil bensin dengan transmisi manual/ matic, khusus untuk mesin diesel hanya bisa digunakan di mobil diesel terbaru yang sudah menggunakan sistem injection.
- Menaikan akselerasi, power dan speed (telah diuji dengan Dyno test)
- Dapat menghemat BBM minimal 10%
- Pengapian cepat dan Bagus
- Bebas Perawatan
- Plug N Go

Yang saya rasakan sih memang benar adanya, tarikan lebih enteng dan lebih ngisi pada saat setelah memakai alat ini. Yaah, setidaknya gak mahal2 amat tapi lumayan efeknya :)

Bungkus header

Efek dari membungkus header otomatis adalah suhu di ruang mesin menjadi turun, dan keuntungan dari turunnya suhu di ruang mesin diantaranya kabel2 atau selang2 menjadi awet / tidak mudah getas karena panas, komponen lainnya seperti koil, cut out, dll juga menjadi lebih dingin.

Bagaimana dengan performa mesin?
Dengan suhu ruang mesin yang lebih rendah otomatis berpengaruh ke performa mesin. Dengan membungkus header timming delco bisa kita naikan beberapa derajat sehingga efeknya jadi lebih responsif, hanya dengan sedikit menekan gas mobil langsung ngacir.
Efeknya juga berdampak pada pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Untuk bahan bermacam-macam, disini saya menggunakan bahan asbes gulungan yang saya beli segulung sekitar 75rb di Rolex Motor ITC Dutamas Fatmawati. Sebaiknya pemasangan dengan cara melepas header agar lebih rapih, tetapi bisa juga dengan memasangnya langsung tapi siap2 repot saja, karena posisinya yang sulit dijangkau.

Setelah dibungkus sebaiknya dililitkan kawat stainless agar lebih awet, karena kekurangan bungkus asbes ini adalah mudah hancur apabila terkena semprotan air steam. Jangan lupa siapkan juga klem ukuran 2.5 inch untuk mengikat ujung gulungan dan akhir gulungan.

Nah...gimana?? penasaran mau coba?? atau mau langsung di praktekin?? Monggo, untuk lebih jelasnya langusng liat gambar aja....:)


selamat mencoba...

jangan lupa di kasih clampagar tidak lepas

penampakan header setelah dibungkus

billion super thermo, lebih mantep nih!

Tuesday, March 26, 2013

DIY Belalai Filter

Setelah sukses dengan DIY Cold Air Intake dengan menggunakan corong yang dibentuk dari refflektor lampu sorot rumah, maka modifikasi kali ini menyempurnakan corong di ujung "belalai" dengan mempergunakan barang bekas.

Modifikasi corong disini saya mempergunakan botol oli bekas merk Sh**l yang keluaran lama karena pada mulut botol lubangnya lebih besar dan sesuai dengan ukuran belalai.

Bahan2 yang diperlukan yaitu: Gergaji besi/cutter untuk memotong, bracket untuk pegangan corong ke body, mur baut+ring. Pertama2 botol dipotong kemudian dibentuk hingga rapih lalu dicuci bersih agar hilang dari sisa oli yang menempel. Untuk lebih jelasnya liat gambar. Selamat mencoba :)

corong air filter

penampakan dari belakang, terlihat mulut lubang pas dengan ukuran selang flexible filter

penampakan dari atas, selang flexible tekukannya sempurna