Home


Selamat datang di toyotakijangcybercommunity.blogspot.com. Blog ini dibuat mencoba sedikit demi sedikit untuk mendokumentasikan ada saja yang pernah di sharing rekan-rekan sesama pecinta Kijang, para master, suhu, kabeng dan modders. Mudah-mudahan semakin banyak artiket yang bisa di post disini yang berkaitan dengan Toyota Kijang yang selanjutnya dapat bermangpaat buat rekan-rekan.

Salam Gaspooll....:)

85 comments:

  1. Newbie mohon izin baca2 om..
    baru fall in love sama toki...

    ReplyDelete
  2. salam kenal pak broo..
    kijang 7k ane sering ngisi air radiator / over heat .. padahal radiator ga bocor ... mohon solusinya pak brooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sering ngisi berati ada yang bocor oom. coba sekitar mesin sampe kolong ada yg rembes gak? klo gak ada coba cek kompresi mesin masih normal gak? cek juga dari lubang radiator ketika di gas muncrat apa tidak?

      Delete
  3. Salam kenal mas brouw...hehehe
    Ane udah kirim email ke toyotakijangsuper@gmail.com perihal No telp dan nama ane... :)
    Begini gan, ane beli CDI Porter buat ganti system pengapiannya, nah begitu ane buka dirumah urutan warna kabel fisik sama skemanya ko beda, jadi bingung deh berpatokannya. Minta tolong sarannya dong gan sekalian gambaran cara pasang yang benernyah..
    Makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDI porternya sudah dipastikan buwat kijang oom?

      Delete
  4. Gan,,,ane mau nyari gauge temperatur kijang grand 94

    ReplyDelete
    Replies
    1. om eben posisi dimana oom? klo di jakarta bisa ketemuan

      Delete
  5. gan mau tanya komponen kaki2 kijang super apa aja? ane mau ganti semua komponen kaki2nya punya ane, tens gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. end tie rod, long tie rod, ball join atas, ball join bawah, karet bushing stabilizer, bushing arm atas bawah (6 pcs),

      Delete
  6. Om ane mau tanya, klo kijang kapsul lgx '99 dari platina ganti ke delco cdi bisa ya om? Tinggal ganti delco cdi satu set? Atau kah ada yg harus diganti lgi om? Kelebihan kekurangan delco cdi gmn om? Tks sebelumnya, maaf byk nanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lgx 99 berarti masih karburator betul oom? bisa oom ganti delco cdi segelundungan tinggal plug n play aja.

      kelebihannya:
      1. pengapian lebih baik dan sempurna karena tidak ada kontaklg di as delco untuk buka tutup pengapian.
      2. low maintenance, karena gak perlu sering stel platina karena udah gak ada kontak.
      3. rpm atas lebih dapet, karena gejala platina ngambang gak ada.
      4. umur panjang

      kekurangan:
      1. harga mahal
      2. klo rusak tidak bisa diperbaiki
      3. baraang semakin langka/susah

      Delete
    2. Alhamdulillah,infonya detail, makasih banyak ya om, bermanfaat bgt 😊

      Delete
    3. Om.. punya bengkel dmana? Kebetulan saya masih platuna mau pasang cdi nih.. bisa minta info atau kontak nya om.. saya tinggal di jaksel

      Delete
  7. Om punya bengkel daerah mana??? Sya tinggal didepok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya tinggal di cinere oom. om depoknya dimana?

      Delete
  8. Butuh pencerahan ni om...masalah ban makan sebelah dalam,klo roda depan kan tinggal spooring lha ini yang belakang sebelah kanan ban selalu lebih cepat botak padahal belum ad 4 bulan...selama ini saya akalin saja tukar posisi ban luar kedalam dan sebaliknya secara berkala,kira2 troble dimanay ya om?
    -thx be for-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bongkar roda belakangnya deh oom, cek bagian dudukan per ke gardannya bener gak masangnya, cek juga gardan dan as rodanya bengkok gak.

      semoga membantu

      Delete
  9. kang bisa nggak ya, kijang super manual 87 diganti menjadi metik ? trus mesinnya diganti juga jadi 1800 / 2000 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget oom...cuma modalnya banyak tuh hehehe

      Delete
  10. salken oom bro .. baru aja jadi suka kijang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap om bro....lanjutkan perjuangan!!!
      hehehe....

      Delete
  11. Replies
    1. Salken om mau tanya nich kijang lgx 2001 platina mau ane gnti pke cdi,yg bagus pake cdi apa om??? Trus bengkel wilayah madiun untuk kijang dimana ya?? Kalo ada mnta kontak personya dong mksh

      Delete
    2. Kalo saran saya sih coba om cari CDI copotan kijang eks singapura, tapi sekarang brangnya lumayan susah di dapet. Kalaupun ada biasanya mahal, dan hati2 terhadap CDI copotan buat K-Series yang aspal, isinya udah bukan aslinya lagi tapi biasanya di ganti pake copotan dari mobil daihatsu *****. Untuk secara fungsi sih sama aja, tapi untuk performanya kalau yang sensitif bisa ngerasain bedanya.

      Delete
    3. ada oom, tapi tar kalo saya share disini nanti kerjaan saya yang lain gak kepegang dong oom, malah sibuk jawab telp...hehehe 😁😁🙏

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Om tolong pembahasan untuk membuat turbomizer di detailkan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om himawantri,

      menurut saya sih sudah detail dan jelas yaah oom himawantri, semuanya sudah dijelaskan juga lewat foto dan keterangan teks.

      semoga membantu

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. om ganti platina k cdi mhn bimbingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om Black97....

      CDI-nya model yang seperti apa dulu oom? apakah hanya isi delconya saja yang di ganti CDI set atau ganti segelundungan sama delconya seperti delco CDI copotan ex-sing?

      semoga membantu

      Delete
  17. Salken guys, gini om saya punya kijang super 92. Seminggu yg lalu saya pasang cdi.Nah herannya waktu masih platina suara agak gemuruh berisik tapi tenaga maknyoss, dan ketika pasang cdi sekarang suara mesin jadi halus tapi tarikan malah jadi loyo buat speed aja susah banget. Kira2 kenapa ya?
    Trus pas rpm atas di body belakang ko ada suara kriyet, mohon pencerahannya om.
    Trima kasih 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom...

      sebenernya antara cdi dengan pengaruh ke suara mesin itu gak ada hubungannya langsung oom, saya curiganya waktu instalasinya kurang bener, kemungkinan bisa juga di penyetelan timing yang kurang tepat, atau terlampau mundur yang menyebabkan tarikan menjadi loyo.

      mungkin juga karena tenaga mesin menjadi loyo, menyebabkan putaran mesin menjadi tidak enteng yang berakibat putaran kipas mesin juga tidak secepat atau rpm nya tidak setinggi sebelum ganti cdi yang akhirnya menyebabkan gemuruh kipasnya menjadi kurang atau menjadi halus.

      kalo suara kriyet2 di kijang mah biasanya dari kaki2 oom... kalo yang belakang biasanya bisa dari ganjelan antar per atau karet bushing per daun yang sudah aus, atau bisa juga dari pen per belakang.

      semoga membantu

      Delete
  18. Alamat dimana Pak, saya mau service mobil kijang kapsul.
    Tlg diemail ya pak, tks byk
    Email saya : rosario.smbln@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om paulus...

      kalo boleh tau, kijang kapsulnya tahun berapa oom?
      baik nanti saya email oom detailnya

      terimakasih

      Delete
  19. Assalamualaikum om. Ada montir kopling kijang panggilan utk wilayah jaktim ga om, klo bs cipayung. Mbl sy kjg jantan 94. Sblmmya kalo mesin hdp kopling hrs dikocok2 trus agak lama baru mau dimasukin giginya.klo ngga, gigi keras ga mau masuk. Lha skrg kopling malah los. Diinjak ga ngaruh. Mesin hidup lgsg masukin gigi jg bisa msk.tp mbl ga bisa jln. Mhn bantuannya om. Tks.

    ReplyDelete
  20. Gan tolong rong bukan inbok email, ame deni di cipete, pengen sharing skalian minta kontaknya, tks

    ReplyDelete
  21. Gan Ane Mau tanya Tanya ni tentang CDI Tempel ni gan, kebetulan ane pake Tokisul th 2003 masi karbu n platina , ane dapat saran dari kawan ane katanya pake itu lebih bagus, mohon saran dan arahanya gan, makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDI tempel itu maksudnya kaya gimana yah oom? saya malah baru denger istilah CDI tempel 🤔🤔

      Delete
  22. Idzin menyimak & menimba ilmu om. Kayaknya kenal dengan om ini.he.he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiihh ada suhu mampir disini....
      apa kabar oom indra? sehat semua yah kijang beserta orangnya hehehe

      Delete
    2. Alhamdulillah baik. sehat kijangnya.baru ganti pulley stelan ac n water pump.

      Delete
  23. izin suhu numpang nanya,,kalo kijang 4 pintu platina mau di ubah cdi,di ganti pake delko apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom,

      kalo mau yaa ganti segelondongan CDI ex singapura oom, punya kijang juga tapi versi internasionalnya bawaannya udah CDI dari pabrikannya, beda dgn di indonesia yg masih menganut sistem platina.

      semoga membantu

      Delete
  24. Selamat siang bos salam knl, mau tanya kijang 5kf THN 1987 klo MSN dingin msh di stater, MSN panas susah di stater, apanya ya bos, dinamo amper baru dinamo stater baru CDI baru, coil baru. Mohon arahan nya bos, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken juga oom Fahmi,

      susah stater pada saat mesin panas biasanya disebabkan oleh 2 faktor oom, karena pengapian atau karena bermasalah di pengkabutan bahan bakarnya.

      Nah, dengan asumsi CDI dan koil baru, maka masalahnya kemungkinan ada di busi. bisa karena kotor, atau gap busi yang kurang tepat. saran saya coba di ganti dulu businya dengan busi standar kijang yang direkomendasikan pabrikan.

      yang kedua masalah di pengkabutan bahan bakar, bisa karena campuran yang terlalu rapat atau renggang pada Idle mixture menyebabkan campuran bahan bakar tidak pas dan akibatnya susah menyala. Coba stel lagi Air Fuel Rationya dgn cara memutar baut stelan udara hingga pas (idle rata)

      semoga membantu

      Delete
  25. Mau tanya om...pda start awal mesin getaran kuat sekali,apa lgi bila menginjak pedal Rem..mesin malah.mau mati.mesin sdh agak panas.getaran agak bgtu kurang..mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom unknown,

      biasanya ada kebocoran di vacuum mesin oom, coba cek vacuum ke booster remnya mulai dari selang2, one way valvenya hingga ke booster remnya oom.

      cara cek booster rem bocor apa engga, ketika mobil parkir lama (kondisi mesin mati) coba cabut selang vacuum yang di boosternya, normalnya ketika di cabut akan terdenger suara angin wooosshh yang cukup keras, dan apabila tidak berarti ada kebocoran baik di one way valve nya maupun di boosternya.

      ketika selang vacuum yg di booster sudah dicabut, coba di sumbat menggunakan dgn ukuran yang pas lalu di klem, kemudian coba di stater apakah mesin masih bergetar kuat atau tidak? kalau getaran mesinnya hilang, berarti memang ada kebocoran. cara ini buat ngetes aja yaah oom.

      semoga membantu

      Delete
  26. Salam kenal om bole minta contactnya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pilih menu kontak diatas, nanti disitu ada kontak saya oom...

      semoga membantu

      Delete
  27. Salam kenal om. Saya punya tokisul 97 mau ganti pengapian dari platina ke cdi. Kalo hanya diganti platinanya saja dengan cdi bukan segelundungan kira-kira bisa ya om? Kalo bisa merek apa yang Bagus? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom didik,

      bisa aja oom ganti isinya aja, delconya masih memakai yang lama. Kalau cdi yang bagus sih masih tetap merk Denso oom, cuma cari yang khusus kijang yah oom, karena banyak yang menjual cdi nya saja itu denso punya daihatsu ceria, masih bisa nyala, cuma performanya tidak sebagus cdi asli kijang.

      kalau mau pakai yg aftermarket, bisa memakai merk Porter made in canada, ini juga cukup lumayan kok dari segi performance nya selam instalasinya baik dan benar.

      semoga membantu

      Delete
  28. untuk estimasi biaya dari platina ke cdi kijang kapsul kira2 berapa ya om?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom johardwi,

      sebenarnya tergantung cdi yg mau dipake oom, kalau pake cdi denso ex-sing sih sekitar 1,2jt-1,4jt segelondongan berikut delconya

      semoga membantu

      Delete
    2. Itu cdi denso nya baru ya gan, bisa kasih link toko online nya gan?
      Trus kalau merek lain yg bagus kira2 apa gan?

      Delete
  29. sore om, saya di bekasi selatan ada kijang 1997 mau ganti koil dan radiator. bisa rekomen toko spartpart. atau lokasi bengkelnya om punya, dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya2 ke Rama Motor di sentra otomotif Blok M deh oom... terakhir beli radiator komplit original new old stock bawaan Kijang Kapsul 97 disana. Untuk Koil juga ada kok yg koil botol Ori nya baik yg botol pendek ataupun yang panjang

      semoga membantu

      Delete
  30. Bagus bisa nambah ilmu makasih Om admin

    ReplyDelete
  31. Misi Om.maaf sebelumnya,saya punya kijang super g 96, waktu pertama beli second, langsung radiator saya bw ketukang radiator buat dibersihkan.Tapi,skr knp mobil saya pake sbntar temp cepet panas.waktu saya cek dgn buka radiator,air Ndak meluap luap..anteng.tapi extra fan depan gak nyala,knp ya om??apa itu penyebabnya?? Padahal radiator Sdh pernah saya bersihkan di tukang radiator.mohon saran om,saya kurang begitu mengerti ttg mobil.saya slalu bawa keluarga jln2..apa yg biasanya hrs diganti atau diperbaiki Utk kijang super g 96 supaya ndk mogok dijln??budget jg nipis..mohon bantuannya om...terima ksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor sih oom, kemungkinan pekerjaannya kurang teliti, misalnya sealent yg dipakai untuk memasang selang radiator kualitasnya kurang bagus atau terlalu banyak menyebabkan rontok dan gumpalan sealentnya menyumbat kisi2 di radiator sehingga flow airnya terhambat.

      atau bisa juga kesalahan pada saat memangan thermostat sewaktu membongkar radiator atau mungkin ada hal lain misalnya masalah di water pump, dll musti kembali di cek teliti satu persatu cooling system enginenya.

      semoga membantu

      Delete
  32. Malam om. Mau tanya klo pakai cdi merk stecker bagus ga ya utk kijang atau lebih baik pakai cdi porter canada ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita gan, ane lg cari cdi juga tuk kijang krista 7k 1,8 bensin ane, klo dapat rekomendasi yg bagus, bagi2 infonya ya gan...

      Delete
    2. saran dan pengalaman saya sih lebih baik pakai Porter oom, klo stecker kan made in lokal masih belum terbukti kwalitasnya untuk produk pengapian

      Delete
  33. Assalamualaikum, minta ijin bertanya, tolong dong rekomendasiin cdi untuk kijang 7k 1,8 bensin, yg semula platina mau ganti ke cdi komplit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom Munih25,

      kalau ingin upgrade pengapian menjadi CDI, bisa mengganti dengan CDI komplit segelondongan dengan delconya dengan mencari delco CDI copotan ex-singapur punya mesin K merk Denso

      semoga membantu

      Delete
  34. Mobil saya sx thn 2003,masih menggunakan platina dan kabilatur. Bisakah diubah menjadi CDI atau injeksi? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom manalu,

      bisa aja oom kalo mau gampang upgrade dari platina ke CDI bisa keli KIT nya (berbagai macem merk) atau bisa juga beli segelondongan sama delconya yg copotan ex-sing (merk Denso)(TKCC)

      kalau mau rubah ke injection bisa juga, tapi tidak di sarankan karena perubahannya terlalu banyak dan ribet, belum juga musti nyari ECU dan wiring nya...(TKCC)

      semoga membantu

      Delete
  35. Gan ikutan gabung nanya2, boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh oom silahkan, di share aja di sini pertanyaannya

      Delete
  36. Tahun baru 2023 tetap kijang, ikutan gabung pak boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom Yansopyan....
      siaap oom, silahkan bergabung ke sesama pecinta dan pemelihara Kijang disini

      Delete
  37. Boleh share pak boss, harga delco cdi 7k ori copotan brp y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7K EFI apa Karbu oom? klo 7K karbu agak2 susah skrg nyari delco cdi yang ori copotan dan harganya pun udah gelap sekarang... buat bayangan aja terakhir itu 2019/2020 harganya udah sekitar 1,4-1,5jt untuk delco set cdi ori denso yang copotan ex-singapura nemu waktu di Parjo Senayan

      Delete