Contoh kasus apabila koil sudah mulai bermasalah atau lemah akibat input strum yang kurang karena masalah kabel yang sudah berumur atau masalah lainnya yg menyebabkan input arus yang masuk ke koil menjadi turun, solusi alternatif dan murah meriahnya yaitu dengan memasang relay di plusnya koil / relay koil.
Selain itu ada tips satu lagi yaitu memasang relay stater, yang fungsi dari penambahan relay ini adalah untuk menambah strum di stater dan juga sekaligus mengawetkan kunci stater. Pada sistem kelistrikan bawaan pabrik, beban stater diterima oleh kunci kontak, dan pada beberapa kasus akibat beban besar yang diterima kunci kontak dapat membuat kunci kontak hangus / tidak awet akibat di stater berulang kali.
Dengan penambahan relay stater ini maka beban arus pada kunci kontak diambil alih oleh stater, dan fungsi konci kontak hanya sebagai trigger relay aja, dan arusnya kecil sekali.
skema relay stater & relay koil |
Selain itu, harap diperhatikan sistem perkabelannya agar apabila relay bermasalah di kemudian hari mudah untuk dibalikan ke normal lagi.
skema relay koil |
skema relay stater |
Apabila ada yang ingin dibuatkan relay stater tinggal plug n play, silahkan hubungi ke blog ini. Thanks
ReplyDeleteApakah di mobil baru sekarang sudah menggunakan relay stater?
DeleteUtk mobil2 skrg apakah kabel stater dari kontak langsung ke dinamo statr atau ke relay dulu?
Trims...
Apakah di mobil baru sekarang sudah menggunakan relay stater?
DeleteUtk mobil2 skrg apakah kabel stater dari kontak langsung ke dinamo statr atau ke relay dulu?
Trims...
salken om cahyo,
Deletebeberapa mobil pake relay stater oom.
boleh tau om cahyo pake mobil apa?
Bwt relay koil untuk mobil katana bs om kontak 081320733332
DeleteBantu buatin Yo mas buat katana 2003 plus ongkir Samarinda makasih 081262145830.
Deletemauu dong kakk...
ReplyDeletewani piro? wkwkwk
Deletesini tak rakitin, gantiin ongkos beli saprepartnya aja yaak :D
Mas mau nanya ni,mobil kijang saya lampu indikator hi beam nya baru hidup kalo saklar pada posisi lampu rendah, tetapi lampu rendahnya tidak nyala, tapi kalo bohlmnya dilepas,indikator tadi tidak mau nyala. Makasih mas sebelumnya.
ReplyDeletesalken oom junsyahputra,
Deletecek kabel kelistrikan yang di rumah stir oom.
Mas, boleh minta diagram dan warna wayar kelistrikan kijang grand saya tahun 94. Maaksih mas?
ReplyDeletewarna wayar itu apa oom?
DeleteOm saya mau dong minta tolong dibikinkan relay untuk koil tanpa stater.trm kasih sebelumnya
ReplyDeletesalken om firman,
Deleteboleh minta nomer kontak yg bisa dihubungi gak oom? thanks
Piro kang
ReplyDeleteom samseng, boleh minta nomer kontak yang bisa dihubungi oom>
Delete1. aki baru, starter berat
ReplyDelete2. saat sein menyala, jarum temperatur mesin ikut gerak.
3. saat mesin stasioner (mobil berhenti), wiper lambat. tapi saat mobil melaju. wiper normal.
4. power window lancar jaya di rpm tinggi. dan ga lancar di rpm rendah.
sedih :(
salken oom,
Deleteperlu diketahui bahwa sistem kerja kelistrikan di mobil itu bukan berdasarkan aki saja, jadi fungsi aki itu hanya untuk men-stater mobil saja, selebihnya ketika mesin sudah menyala, suplly listrik lgsg digantikan oleh alternator.
kalau dugaan saya ada 2 penyebabnya dari pertanyaan oom 1 sampai 4, yang pertama karena alternator bermasalah perlu di service atau sudah waktunya di ganti, atau yang kedua kurangnya ground/massa, solusinya dengan penambahan kabel ground ke beberapa titik, silahkan cek lagi artikel mengenai kabel ground:
http://toyotakijangcybercommunity.blogspot.com/2013/03/tambah-sendiri-kabel-grounding.html
semoga membantu
1. aki baru, starter berat
ReplyDelete2. saat sein menyala, jarum temperatur mesin ikut gerak.
3. saat mesin stasioner (mobil berhenti), wiper lambat. tapi saat mobil melaju. wiper normal.
4. power window lancar jaya di rpm tinggi. dan ga lancar di rpm rendah.
sedih :(
klo habis berjalan dan mesin panas lalu di starter tapi cuma bisa bunyi cngengekan aja dan mesin nda jalan apanya ya oom.......aki bagus baru beli,apakah coil pengapiannya atau selenoid swichtnya atau dinamo starternya.......mohon jawabannya...
ReplyDeletekalau masalahnya di koil, bisa di cek oom cabul kabel koil trus di stater apakah ada apinya atau tidak.
Deletekalau selenoid stater atau dinamo stater sih gak mungkin krn menurut penjelasan oom ketika di stater ada bunyi cengengekan tapi mesin gak nyala, itu indikasi dinamo stater bagus.
kalau saya malah curiganya di karburatornya oom, sepertinya stelan pelampung bensinnya gak pas jadi menyebabkan tekor bensin ketika sehabis jalan sehingga susah di stater
semoga membantu
klo habis berjalan dan mesin panas lalu di starter tapi cuma bisa bunyi cngengekan aja dan mesin nda jalan apanya ya oom.......aki bagus baru beli,apakah coil pengapiannya atau selenoid swichtnya atau dinamo starternya.......mohon jawabannya...
ReplyDeletekalau masalahnya di koil, bisa di cek oom cabul kabel koil trus di stater apakah ada apinya atau tidak.
Deletekalau selenoid stater atau dinamo stater sih gak mungkin krn menurut penjelasan oom ketika di stater ada bunyi cengengekan tapi mesin gak nyala, itu indikasi dinamo stater bagus.
kalau saya malah curiganya di karburatornya oom, sepertinya stelan pelampung bensinnya gak pas jadi menyebabkan tekor bensin ketika sehabis jalan sehingga susah di stater
semoga membantu
Mas bisa gk pasang relay koil d mobil espass,
ReplyDeletebisa aja kok oom, karena prinsip kerjanya kan sama aja
Deletesemoga membantu
Pasang dimobil Timor blh ya om?
DeleteMau bro Sy punya mobil kijang grand tahun 1994..Biasax sering tiba² nggak mau d starter pdhl lampu indikator nyala..Oia Sy pake platina
ReplyDeletegak mau di staternya seperti gmn oom? apa di stater dinamo muter tapi mesin gak mau nyala atau sama sekali gak ada respon? karena nantinya penyelesaian masalahnya juga bakalan berbeda tergantung diagnosanya
Deletesemoga membantu
Mau bro Sy punya mobil kijang grand tahun 1994..Biasax sering tiba² nggak mau d starter pdhl lampu indikator nyala..Oia Sy pake platina
ReplyDeleteMau nyanya bro Sy punya mobil kijang grand tahun 1994..Biasax sering tiba² nggak mau d starter pdhl lampu indikator nyala..Oia Sy pake platina
ReplyDeleteMas itu gimana ya mas caranya bacanya? Soalnya saya kurang paham baca skema. Bisa tolong jelasin mas.. Thx.
ReplyDeletewaduuh oom, itu skemanya udah sejelas mungkin saya buat oom, sengaja malah saya kasih warna supaya gak bingung, kecuali oom gak mengerti prinsip kerja sederhana pengapian di mobil jadi agak sulit untuk menjelaskan secara gambar diam
Deletesemoga membantu
Pak... Di Katana saya Coil (denso) hanya ada 1 kabel di positif nya (tdk ada resisitor). Kalau ingin menambah resistor luar gimana diagram kabel nya? Minta dibantu pak. Trmksh.
ReplyDeleteLapak'a dmn om....
ReplyDeleteMau tya gan..klo pake relay yang beli dari toko bisa kan..kaya rakitan di ats..tks pencerahanya..
ReplyDeletebisa aja oom, yang penting skema kabelnya seperti diatas
DeleteOm ganteng sy punya kijang 94 abis pasang tachometer defi bf pas dipasang semua berfungsi normal kecuali jarum tachometerx(rpm) goyang inul, padahal signal ke coil sudah benar . apa ada yg punya jurus jitu om???
ReplyDeleteboleh tau tacho Definya yang harga berapa oom? maaf saya tanya seperti ini karena sekarang banyak banget beredar tacho defi yang KW oom, produksi taiwan atau bahkan china agak susah cari solusinya karena permasalahannya ada pada gulungan tembaga jarum tachonya atau masalah di kualitas barangnya.
DeleteKasusnya sama dgn saya di kijang 7K platina, saya pakai Tachometer Defi BF beli onpine dapet harga 390rb (gak tau KW atau Ori ��), kira2 ada solusi terbaik cara instalasinya?
DeleteOm mw nanya sekring di jalur engine ga putus.. Tp kabelnya angus kebakar semua.. Apa z yg harus di cek gan?
ReplyDeletebiasanya akibat ada satu kabel tambahan yang kualitas kabelnya kurang bagus atau tidak memakai sekring lalu short dan karena dalam kumpulan kabel yang sama jadi mengakibatkan kabel yang lain menjadi ikut meleleh karena panas.
Deletesolusinya kabel di urut ulang oom, lalu kalau ada kabel tambahan di cobot aja atau di pisahkan dengan kabel body aslinya.
semoga membantu
Om mau nanya, pas saya baca artikel ini saya langsung cek relay yang disamping booster rem, itu relay coil atau relay stater ya? Relay itu terpasang rapih tapi kabel kabelnya nya tidak ada yang menyambung sama sekali. Saya mau coba sambungin ikut skema yang mana ya? Terima kasih
ReplyDeletesalken oom Kevin,
Deletekalo di samping booster mah biasanya relay stater oom, sepertinya pemilik sebelumnya sudah pernah pasang dugaan saya di non aktifkan entah krn sekring nya putus atau relaynya yg kurang bagus sehingga di balikin normal lg sama pemilik sebelumnya..
semoga membantu
Mau nanya mobil kijang 5k mati mendadak apa masalah nya
ReplyDeleteIjin nanya..
ReplyDeletePada kijang saya ada dipasang relay yang jalurnya masuk ke titik B pada coil tiga kaki..
Fungsinya untuk apa?
Mau tanya..di gambar kunci kontak diatas,untuk ACC itu kenama nyambung nya ya? Terimakasih
ReplyDelete