Sunday, August 11, 2013

Sekring lampu meleleh

Rekans,

Pernah gak ngalamin sekring / fuse di mobil sering meleleh? padahal sudah diganti tapi gak lama meleleh lagi. Kejadian seperti itu sebenarnya berbahaya karena meleleh itu diakibatkan panas yang berlebih yang terjadi karena dilewati arus listrik.



Sekring meleleh terus karena terminal yang dikaki sekring kendor / tidak menjepit kaki sekring dengan sempurna (ngefong). Karena kendur, arus listrik loncat dari kaki sekring ke terminal - bukannya merambat, sehingga timbul panas yang berlebihan yang melelehkan sekring.


Solusi :
1. Ganti terminal yang dikaki sekring, klo susah ganti sama rumah sekringnya
2. Gunakan sekring dan rumah sekring yg berkualitas bagus. Sekring yang bagus biasanya berwarna solid (tdk bening transparan) harga sekitar Rp. 2000 /buah dapat dibeli di Rolex Dutamas Fatmawati.

2 comments:

  1. Kalau sekring engine yg sering leleh kenapa bang?

    ReplyDelete
  2. salken oom dedi,

    biasanya kalau sekring sampe meleleh itu bukan karena ada short/konsleting tapi karena akibat dari terminal sekringnya yang longgar atau istilah montirnya "ngefong" menyebabkan terjadi loncaran arus yang terus menerus antara terminal rumah sekring dengan kaki fuse nya, sehingga terjadi panas yang berlebihan dan menyebabkan area disitu menjadi meleleh karena panas

    semoga membantu

    ReplyDelete