Friday, July 5, 2013

Modifikasi Thermostat Kijang

Fungsi dari thermostat adalah sebagai katup buka-tutup yang berfungsi untuk mengalirkan air radiator ke mesin, dimana standar punya kijang adalah 82 derajat C (baru membuka di suhu tersebut). Nah apabila thermostat lebih cepat membuka maka otomatis suhu mesin lebih cepat turun, efeknya diharapkan mesin jadi lebih tidak sensitif terhadap panas, sehingga jeroan mesin tidak mengembang berlebih akibat panas.

Dari situ kita harapkan tenaga si mesin akan lebih konstan jika dipakai jalan jauh serta mesin jadi lebih awet. Efeknya klo mesin lebih dingin, timming ignition bisa dinaikan sehingga ada gain ekstra tenaga dari situ.

Untuk itu disarankan menggunakan thermostat bawaan Honda Accord, karena selain bentuknya mirip, Honda Accord membuka lebih cepat, yaitu di 78 derajat C

Efek positifnya, akselerasi dan tarikan lebih mantap dan konsumsi bensin lebih irit, mungkin karena visco fan relatif jarang "ngunci".   (toyota-kijang@yahoogroups.com)

Maaf fotonya kurang jelas, kameranya bapuks hehehe....



Thermostat original toyota 82 derajat




Thermostat Honda 78 derajat

41 comments:

  1. om mau tanya juga saya pake corolla dx om nak kalo termostat nyasaya kasi punya accord seperti saran om dan rumah termostat nya saya pake punya kijang bisa ngga ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah rumah thermostat kijang sama DX sama oom, kan sama2 mesin seri K, jadi bisa plug n play, hanya karet sealnya musti tetep pake punya bawaan mobil dan klep (kawat kecil dipinggir thermostat) sedikit dimodifikasi/di potong.

      Delete
  2. kalo gak salah rumah thermostat kijang sama DX sama oom, kan sama2 mesin seri K, jadi bisa plug n play, hanya karet sealnya musti tetep pake punya bawaan mobil dan klep (kawat kecil dipinggir thermostat) sedikit dimodifikasi/di potong.

    ReplyDelete
  3. Bos mau nanya nih klw termostat kijang kapsul diesel diganti pake termostat punya accord spt yg om saranin bisa ga? Mohon pencerahannya soalnya tokisul sy klw digeber di 140km/jam temperaturnya suka naik tapi ga pernah sampai overheat sih... makasih om admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo punya kapsul diesel beda oom dimensinya, musti research dulu cocoknya pake punya apa.

      Delete
  4. bos itukalo buat kijang tinggal plug n play ato perlu modifikasidi thermostat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. plug n play hanya buang pentil di pinggirnya saja, potong aja pake gerinda atau tang

      Delete
  5. itu termostart nya pnya acord th n type apa om? apa sama aja smuanya accord

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake punya Honda Jazz aja oom, sama plek cuma tinggal buang pentil yg di pinggiran bibir thermostat aja. Karetnya sealnya tetep pake punya kijang yaah...

      Delete
    2. Thermostat honda jazz seri apa ya om.

      Delete
  6. Replies
    1. salken oom cahyan,

      seinget saya sih sekitar 150-200rban yah waktu itu

      semoga membantu

      Delete
  7. mau nanya untuk thermostat accord bisa dipakai untuk hyundai atoz nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. musti dilihat dulu dimensinya dan derajat suhu thermos aslinya berapa

      Delete
  8. Om mau tanya, kalo temperatur kijang super 1994, walaupun mesin sudah panas namun jarum gak naik, tetap di 0/bawah, apa ini ada pengaruh dari thermostat ya Om, mohon infonya, terims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom unknown,

      biasanya gejala begini karena kijangnya udah tidak menggunakan thermostat oom, alias sudah di cabut mungkin sama montirnya, padahal pabrikan bikin alat ini fungsinya sangat vital untuk performa dan kesehatan mesin.

      saran saya, sebaiknya thermostatnya di pasang kembali oom, kalau misal ada ketakutan mesinnya overheat, itu jangan menyalahkan thermostatnya, karena kijang ini di produksi untuk di indonesia dgn iklim tropis, jadi semua sudah di perhitungkan engineer mesinnya.

      mencabut thermostat di mesin itu adalah langkah awal dari kita merusak mesin itu sendiri.

      semoga membantu

      Delete
  9. Mo tanya.. ukuran thermostat kijang krista 1,8 dengan krista 2000.. apa sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om, trus kalau kijang kapsul yg efi 2000 cc pakenya thermostat mobil yg mana om yg di suhu 78'c ?

      Delete
  10. Mo tanya.. ukuran thermostat kijang krista 1,8 dengan krista 2000.. apa sama

    ReplyDelete
  11. Kalo untuk di vantrend masuk ga om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf oom, karena saya kurang familiar sama mesin vantrend, jadi mohon maaf gak bisa kasih jawaban apakah masuk atau tidak 🙏🙏🙏

      semoga membantu

      Delete
  12. Om mau nanya saya punya corolla 73 ketika pake posisi jalan standar mobilnya temperatur aman akan tetapi klo jalan nya macet temperatur naik.. apa bila saya ganti kipas fan kijang super itu sama tidak.. lalu solusi nya gmn ya om supaya teratasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom anonymous,

      kita bahas secara logika yaah oom, posisi jalan standar temp aman, ketika macet temp naik. Jalan standar logikanya dapat asupan angin banyak dari depan karena mobil bergerak, temp aman. Ketika macet berarti otomatis aliran udara hanya mengandalkan putaran kipas radiator saja, jadi disedot paksa berdasarkan putaran kipas.

      Apabila putaran kipasnya kurang, berarti sedotan anginnya juga kurang mendinginkan radiator. Ini dengan asumsi radiator dan kondensor bersih yah oom, klo kotor lain hal lagi.

      seinget saya itu kalo tidak salah coro 73 itu belum pakai shroud fan deh oom, sehingga ketika macet arah sedotan anginnya jadi berantakan, efeknya temp mesin bisa naik. solusinya coba pasang shroud fan.

      semoga membantu

      Delete
  13. Om mau nanya saya punya corolla 73 ketika pake posisi jalan standar mobilnya temperatur aman akan tetapi klo jalan nya macet temperatur naik.. apa bila saya ganti kipas fan kijang super itu sama tidak.. lalu solusi nya gmn ya om supaya teratasi

    ReplyDelete
  14. Om mau tanya klu termostat buat kijang kapsul lgx efi itu pernya doubel apa singgel mohon pencerahanyab

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih pernya cuma satu oom

      semoga membantu

      Delete
  15. Kijang 5k sy tdk pake termostat.apakh ad efekx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada oom, efek jangka pendek dan efek jangka panjang.
      jangka pendeknya performa kurang maksimal dan konsumsi bensin menjadi lebih boros karena suhu kerja optimal mesin tidak tercapai. untuk jangka panjangnya, mesin menjadi tidak awet, dan beberapa kasus yg saya temui, silinder headnya entah kenapa jadi mudah keropos.

      semoga membantu

      Delete
  16. Pak,ingin tny innova 2KD, disarankan gunakan thermostat accord thn brp? Sbg modif. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk innova 2KD saya belum pernah riset oom bisa subtitusi memakai thermostat mobil apa, tapi kalo menurut saya sih standarnya saja udah cukup kok oom, gak perlu di ganti merk lain.

      semoga membantu

      Delete
  17. numpang tanya,kalo termostat nya langsung dipasang(asli) tanpa gasketnya itu bisa ga? soalnya pas beli emang ga ada gasketnya

    #kijang 5k

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gasketnya dijual terpisah kok oom,
      dan apabila mau tanpa gasket, bisa diganti dengan sealent yang bagus dan tahan panas.

      semoga membantu

      Delete
  18. numpang tanya om mobil saya kijang LGX 97 tranmisi otomatis sekarang masalahnya amper panasnya cepat naik waterpum udah diganti selang bagus radiator bagus cuman termostatnya udah nggak ada, apa solusinya om mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken oom eman,

      sebenernya penyebab panasnya di mesin itu macem2 sih oom, tapi kasus umumnya di seputaran radiator dan waterpump, selebihnya kasus2 tidak umum misalnya:

      1. silinder headnya udah gak rata, biasanya krn dulu prnh overheat menyebabkan silinderhead melengkung. solusinya silinder head musti di bongkar lalu si bubut (slap rata)
      2. bensin terlalu irit juga bisa bikin mesin panas oom, karena bensin dalam ruang bakar juga fungsinya sebagai pendingin juga. jadi kalau terlalu irit juga kurang bagus buat mesin.
      3. setelan klep yang terlalu rapet juga bisa menyebabkan mesin menjadi cepat panas.
      4. kipas radiator. coba di cek kembali apakah kadar visco oilnya sudah benar atau belum, karena visco oli yg terlalu sedikit juga bisa menyebabkan putaran kipas terlalu lemah, dan terlalu banyak juga bisa menyebabkan suara bergemuruh ketika rpm tinggi, jadi kadar oli visco harus tepat.
      4. blade pada kipas juga kadang berpengaruh terhadap transfer udara yang disedot, kadang di beberapa kasus posisi blade kipas udah terlalu lurus, menyebabkan udara yang di transfer oleh kipas menjadi sedikit.
      5. shroud fan harus dipasang agar arah angin menjadi fokus mendinginkan radiator.
      6. fan belt yang sudah waktunya diganti menyebabkan slip di pulley kipas sehingga putaran kipas menjadi tidak maksimal.
      7. timing pengapian terlalu tinggi juga bisa menyebabkan mesin menjadi panas.
      8. kondesor ac yang sudah kotor dapat menyebabkan kerja radiator menjadi lebih berat.

      semoga membantu

      Delete
  19. Salken om, mohon info termostatnya utk honda jazz / accord tahun brp ya? Terima kasih banyak 🙏

    ReplyDelete
  20. Kijang super saya baru' ganti radiator merk AD bahan aluminium plastik, isi colant.

    Apakah aman pasang termostat?
    Saya sudah beli termostat baru tapi kata bengkel lebih baik termostat dilepas karena radiatornya dianggap tidak kuat tekanan karena merk itu kurang kuat.
    Apa benar? Apa resikonya bila tidak pasang termostat?

    ReplyDelete
  21. om toyota kijang, thermostat soluna 76.5⁰C (90916-03082).
    1. apakah bisa substitusi di mesin 7K-E?
    2. jika bisa, apakah pentil tetap harus dibuang/dipotong?
    3. bisa dijelaskan knp pentil disarankan utk dipotong?

    ReplyDelete