Tuesday, July 9, 2013

Extra Fan AC

Sekedar tips bagi yang ingin memasang extra fan AC, dapat mencoba tips berikut.
Penempatan extra fan yang biasanya di taruh di depan kondensor ac (dibelakang grill) terkadang hasilnya kurang maksimal dikarenakan hembusan angin tidak semuanya melewati kisi2 kondensor yang relatif sempit. Menganut sistem kerja pada AC rumah yang bila diperhatikan posisi kipas dibelakang kondensor membuat sirkulasi angin lebih maksimal karena angin dipaksa masuk melewati kisi-kisi kondensor sehingga pendinginan lebih maksimal.

Untuk lebih jelasnya silahkan liat gambar.

 
arah angin yang melewati kondensor AC, nantinya fungsi extra fan dari meniup menjadi menghisap

karena jarak antara kondensor AC dengan radiator sangat dekat sehingga tidak ada space untuk kipas maka kita ganjal dengan menggunakan ring/mur yang tebal

jarak engine fan dengan radiator normalnya sekitar 5cm, jadi masih cukup untuk dimajukan

dinamo extrafan hampir menempel dengan radiator

posisi extra fan ketika dimasukan antara kondensor AC dengan radiator

trigger extrafan kita ambil dari kabel yang menuju kompresor / magnet pulley AC
kabel kita jumper menggunaka jumper model jepit



Selamat ngoprek....:D

16 comments:

  1. Gan,ane punya kijang grand 95 1500 CC. Permasalahannya setiap AC dinyalakan temperatur naik secara perlahan hampir menyentuh garis merah & AC tidak dingin. Kalo dipasang extra fan seperti artikel diatas apakah bisa mengurangi temperatur mesin?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om Nova...

      saran saya, biasakan menyelesaikan masalahnya dulu sebelum mengupgrade sesuatu. seharusnya standarnya kijang itu (yang tanpa penambahan extra fan) ketika AC on temperatur tidak naik apalagi hingga garis merah, dan ac juga dingin.

      Jadi kemungkinan itu ada masalah lain, bisa jadi kondensor AC tersumbat atau kotor dan menyebabkan pelepasan panas jadi kurang dan juga flow udara yang melewati kisi2 kondensor menuju radiator jadi terhambat dan menyebabkan pendinginan pada radiator menjadi tidak maksimal, dan temperatur menjadi naik.

      Saran saya sebaiknya cek dulu ke bengkel AC langganan oom mengenai masalah ini, atau lakukan pembersihan kondensor dengan cara menyemprot manggunakan air bertekanan melalui kisi2 kondensor.

      Catatan saja, penambahan extra fan ini tujuannya memaksimalkan kerja kondensor agar pelepasan panas di kondensor lebih cepat, TAPI dengan catatan kondisinya itu sehat semua, bukan serta merta dengan penambahan extra fan ini masalah tidak dinginnya AC dapat terselesaikan kalau memang ada masalah sebelumnya...

      kalau ditanya apakah "Kalo dipasang extra fan seperti artikel diatas apakah bisa mengurangi temperatur mesin?" >>> jawabannya adalah bisa sedikit berkurang tapi tidak menyelesaikan masalah awalnya/intinya.

      semoga membantu dan paham yaah oom....

      Delete
  2. Keknya klo d pasang extra fan itu menutupi masalah... Seharusnya mencari masalahnya se, seharusnya normalnya kan tdk panas, cba check fan belt, fan clutch, kisi2 radiator, water pump... Dia klp jalan cepat tetep panas at ndak...
    Mnrtku se... Mgkn admin ad jawaban jg.hhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju om WIldan πŸ‘πŸΏπŸ‘πŸΏπŸ‘πŸΏ... apabila sebelumnya ada masalah overheat ketika AC on, penambahan Extra Fan jangan untuk menutupi masalah, tapi selesaikan dulu masalah sebenernya baru kita maksimalkan AC dengan penambahan extra fan.

      Delete
  3. Om mohon pencerahannya. Extra fan fi kijang super itu mengikuti ON Offnya aC atau gimana hidup atau nyalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salken oom...

      umumnya nyalanya Extra Fan AC itu mengikuti on/off nya kompressor AC oom... jadi mengambil arus dari magnet kompressor AC

      semoga membantu

      Delete
  4. Mo ngikut Pasang Extra Fan, tks Agan tutorial lengkapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin untuk tutorial pemasangan extra fan yang lebih lengkap nanti saya coba bikin artikelnya yah oom biar lebih jelas dan aman untuk perkabelannya.

      semoga membantu

      Delete
  5. Mo ngikut Pasang Extra Fan, tks Agan tutorial lengkapnya.

    ReplyDelete
  6. Om extrafan pake yg variasi atau oem mobil lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salken om himawan,

      kalau saya sih pake Extrafan yang universal aja oom, yang mudah didapat dan murah apabila ada kerusakan. Tapi kalau mau pakai OEM mobil lain, om bisa menggunakan Extra Fan dari mobil Pajero Sport, karena dimensi ketebalannya cukup tipis untuk diaplikasikan ke kijang.

      semoga membantu

      Delete
  7. Jumper jepit nama lainnya Bila beli online apa ya?

    ReplyDelete
  8. Salam Kenal, TokiSul Thn 1997, Kondisi AC pada dasarnya tdk ada masalah, namun Condensor Kijang Karena Sudah lanjut usia jd panasnya trasa.

    Jika pasang Extra Fan baiknya yg ukuran yg brpa inch Om...???

    Baiknya Dipasangkan 1 ATAU 2 Extra Fan...???

    Kbtulan Saya ukur utk Dimensi Condensor ToKiSul Pangjang 55cm, Lebar 30cm

    Mohon pncerahanya, saya ucapkan terimakasih πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  9. Salam sehat
    Salam kenal, nama ku rangga, ingin pasang extra fan yang tipis dan suaranya lembut, untuk kijang super G tahun 1994, pakai merk apa yah, atau kriterianya spt apa?

    ReplyDelete
  10. Salam sehat
    Salam kenal, nama ku rangga, ingin pasang extra fan yang tipis dan suaranya lembut, untuk kijang super G tahun 1994, pakai merk apa yah, atau kriterianya spt apa?

    ReplyDelete