Tuesday, June 2, 2015

Cara menyetel pedal kopling / free play pedal

mungkin temen-temen disini pernah ngerasain masalah persneling susah masuk, atau angkatan pedal koplingnya terlalu tinggi/terlalu sedikit atau free play yg terlalu sedikit.

kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyetel ketinggian pedal kopling atau free play pedal kopling agar sesuai dengan karakter pengemudi untuk kenyamanan kita berkendara….hehe



Gambar A


Pedal Kopling
Pedal kopling menghasilkan tekanan hidraulik dari master cylinder dengan kekuatan dari tekanan pedal melalui batang pusrod master cylinder atas. Tekanan hidraulik digunakan oleh release cylinder yang akhirnya kopling dapat menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin.

Free Play
Free play pedal kopling adalah jarak bebas saat pedal kopling mulai ditekan hingga release bearing mulai menekan diaphragm spring.

Ketika disc clutch aus, free play akan berkurang. Jika keausan disc clutch terus berlanjut, hingga tidak ada lagi free play, maka akan mengakibatkan kopling selip. Karena itu, sangat penting untuk menyetel panjang push rod pada release cylinder agar free play pedal kopling terpelihara dengan tetap.




Gambar B


Tools
Alat/Tools yang perlu disiapkan adalah:
1. kunci 12
2. tang jepit
3. teh botol
4. rokok


Cara menyetel
untuk menyetel jarak ketinggian pedal, maka kita harus mengolong di bawah stir, nanti terlihat ada baut 12 (poin C, gambar A) yang perlu dikendurkan.(lihat poin 1, gambar B) setelah di kendurkan lalu putar batang pushrod yg menekan master kopling atas (poin D, gambar A) kearah:

1. ke arah Kanan, apabila ingin jarak angkatan pedal menjadi lebih rendah, angkat sedikit mobil jalan atau ketika pedal kopling diangkat sedikit.  Setelan ini cocok di pakai di lalu lintas perkotaan yang cenderung macet. (poin 2A, gambar B)


2. ke arah Kiri, apabila ingin jarak angkatan pedal lebih tinggi. Setelan ini biasanya cocok apabila trek yang dilalui sering di jalan lurus atau menanjak. (poin 2B, gambar B)

Catatan:
harap memutar sedikit demi sedikit batang pushrodnya ketika menyetel, karena apabila terlalu banyak nanti batang pushrod akan lepas dari injakan pedal kopling.


Sebenernya tidak ada patokan, semua kembali lagi selera masing-masing, karena ada yang suka lebih rendah ada juga yang suka lebih tinggi angkatan pedalnya.

Selamat mencobaa......:D

Tips:
1. untuk menyetel ketinggian batang pusrod lebih maksimal apabila dilakukan setelah mobil dipakai bukan pada saat pagi hari belum dipakai.
2. apabila plat kopling sudah tipis, sehingga persneling susah masuk, coba dulu setel ketinggian pedal kopling dengan memutar kearah kiri. Biasanya trik ini sedikit membantu sebelum nantinya plat kopling divonis untuk diganti.
3. ketinggian pedal yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan plat kopling lebih cepat tipis karena jarak free play pedal menjadi lebih sedikit.

13 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat dan penyampaian nya mudah d fahami

      Delete
    2. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat dan penyampaian nya mudah d fahami

      Delete
  2. kok beda penjelasan sama kata-kata di gambar mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih info nya mas. Mampir juga ya bila berkenan. http://sejutamotif.blogspot.com

      Delete
  3. Ass. mohon bantuannya, kemarin saya punya mobil kijang LSX EFI kehabisan air radiator sehingga over heat, saya blm paham disiram air kedalam radiator, sudah diganti Waterpump, cuci radiator, dan Perfack cop hanya tidak di Sraf katanya bengkel masih lurus tapi kenapa masih naik panas,...temaparaturnya,

    ReplyDelete
  4. Tips nya om boz...klo ganti plat kopling...di tunggu :)

    ReplyDelete