Thursday, April 3, 2014

Bubut Flywheel / Roda Gila

Cara bikin kenceng mesin bisa beribu macam caranya, salah satunya adalah dengan cara menerapkan prinsip meringankan kinerja mesin dengan membuat seringan mungkin komponen mesin itu sendiri dan diluar mesin.

Contohnya adalah memperingan bobot pulley, piston dan stang, ataupun bobot flywheel.
Modifikasi kali ini adalah membahas bagaimana memperingan bobot flywheel yang tepat tanpa harus mengorbankan torsi.

Fly wheel atau yang biasa disebut dengan roda gila berfungsi untuk menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan mesin pada langkah usaha, sehingga poros engkol (crank shaft) dapat tetap berputar terus menerus pada langkah langkah lainnya. Hal ini mengakibatkan mesin berputar dengan lembut yang diakibatkan getaran tenaga yang dihasilkan.

Apabila proses bubutnya benar dan tepat, semakin enteng roda gila, maka semakin ringan kerja mesin memutar flywheel, otomatis semakin cepat top speed yang didapatkan tanpa harus mengorbankan moment inersia-nya.

Banyak yang bilang kalau flywheel di bubut maka pada saat jalanan menanjak menjadi tidak kuat. Pernyataan itu ada benarnya apabila proses membubutnya salah. Untuk mengurangi bobot flywheel, disarankan hanya mengurangi 7%-10% dari bobot awalnya. Lebih dari itu, trek lurusnya kenceng banget, tapi tanjakan loyo.


Bubut Flywheel Kijang

penampakan setelah proses bubut


Selamat Mencoba......* uhuuukk

No comments:

Post a Comment