Ternyata benar dugaan saya, yaitu master kopling atasnya udah waktunya pensiun, terlihat dari lelehan minyak kopling.
Minyak kopling terlihat bocor pada kolong pedal kopling |
Akhirnya setelah ada waktu mampir ke bengkel deket rumah, di cek memang ternyata sudah bocor. Coba di bongkar dulu apakah rumah master kopling nya masih bisa digunakan apa tidak....kan lumayan bisa ganti jeroannya aja (pake merk Seiken). Ternyata setelah di cek si silinder master koplingnya udah agak kasar dan baret. Bisa sih di ganti jeroannya, tapi bakalan gak lama umurnya.
Sambangi toko sparepart, dikasih 2 option, yaitu merk TRW (aisin) harga 280rb dan Sanyco (taiwan) harga 90rb.
Merk Sanyco |
Merk TRW |
Nah berhubung sebelumnya juga pake merk Sanyco dan puas karena lumayan awet (hampir 3 tahun) akhirnya diputuskan pake merk Sanyco. Total sparepart: 90rb + minyak rem toyota: 20rb + jasa: 15rb......
Sekarang enteng lagi dehh.....:)
Thank infonya.. Ini jg lg bongkar master kopling ats bwh ud kena..
ReplyDeleteF
sama2 oom...semoga infonya bermanfaat :)
Deletekejadian ne kayak ginan 2 hr yg lalu..
ReplyDeletenyimak gan,,kasus nya sama trimakasih info nya
ReplyDeletesama2 oom...terimakasih udah mampir :)
Deletesyukur oom klo udah solve :)
ReplyDeleteom mobil saya jg punya masalh yg sma tp gigi mundurya bunyi krek apa krena master kopling jg mksih ya onm
ReplyDeleteom, kijang super ane seperti ini kasus nyq, abis di ganti satu set, kok malah sekarang bocor y?
ReplyDeletemisi om...mau tanya2 dikit masalah kopling.
ReplyDeletemasalahnya gini:
kalau mesin mobil panas selah di bawah otw, over gigi jadi keras hampir ga bisa pindah. mohon bantuanya.
mobil yg di pakai kijang super.
t.q
kl punya saya beda lagi , saya ganti sel dan pistonnya ( dalamannya ) malah bunyi cit..cit... cek oli malah jd hitam pekat ,cek rumah master kayak kemakan pistonnya , nyuwun saran harus digimanakan ,masalahnya risi kl injak kopling bunyi cit..cit...
ReplyDeletemakasih