Monday, May 6, 2013

Ganti Master Kopling Atas

Setelah beberapa minggu merasa kurang enak dengan injekan pedal kopling, terasa berat dibanding sebelumnya dan terasa seperti ada yg mengganjal maka diputuskan untuk mengecek kolong dasboard di bagian pedal kopling nya....

Ternyata benar dugaan saya, yaitu master kopling atasnya udah waktunya pensiun, terlihat dari lelehan minyak kopling.

Minyak kopling terlihat bocor pada kolong pedal kopling

Akhirnya setelah ada waktu mampir ke bengkel deket rumah, di cek memang ternyata sudah bocor. Coba di bongkar dulu apakah rumah master kopling nya masih bisa digunakan apa tidak....kan lumayan bisa ganti jeroannya aja (pake merk Seiken). Ternyata setelah di cek si silinder master koplingnya udah agak kasar dan baret. Bisa sih di ganti jeroannya, tapi bakalan gak lama umurnya.






Sambangi toko sparepart, dikasih 2 option, yaitu merk TRW (aisin) harga 280rb dan Sanyco (taiwan) harga 90rb.


Merk Sanyco
Merk TRW

Nah berhubung sebelumnya juga pake merk Sanyco dan puas karena lumayan awet (hampir 3 tahun) akhirnya diputuskan pake merk Sanyco. Total sparepart: 90rb + minyak rem toyota: 20rb + jasa: 15rb......

Sekarang enteng lagi dehh.....:)

7 comments:

  1. Thank infonya.. Ini jg lg bongkar master kopling ats bwh ud kena..
    F

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 oom...semoga infonya bermanfaat :)

      Delete
  2. kejadian ne kayak ginan 2 hr yg lalu..

    ReplyDelete
  3. nyimak gan,,kasus nya sama trimakasih info nya

    ReplyDelete
  4. om mobil saya jg punya masalh yg sma tp gigi mundurya bunyi krek apa krena master kopling jg mksih ya onm

    ReplyDelete