Pages

Tuesday, September 23, 2014

Lubang Nafas

Sebenernya ide ini nyontek dari modifikasi motor2 balap atau underbone yang sebelumnya sudah mengaplikasikan cara ini. Simpelnya adalah gimana caranya agar suhu oli dibuat semakin dingin sehingga kerja mesin menjadi maksimal. Dan konon katanya kalo dimotor bisa meningkatkan power sampai 0.5 dk!. Mayan kan? kenapa gak iseng aja nyoba, toh gak ada ruginya hehehe....

Lubang napas letaknya berbeda-beda. Di motor sport atau bebek, lubang napas terpasang di karter. Tapi, di motor matik lubang napas terpasang di kepala silinder. Misalnya di Yamaha Mio, lubang napas terpasang di tutup rantai keteng. Sebenernya kalo di kijang udah ada teknologi ini, yaitu PCV valve yg tujuannya membuang tekanan berlebih termasik panas dari uap oli yg dihasilkan akibat proses kerja mesin.

Karena panas pelumas dibuang membuat suhu oli jadi lebih adem. Tekanan di ruang karter juga jadi lebih rendah. Membuat sil oli tidak mudah jebol karena tekanan oli yang berlebihan. Maka dari itu di aplikasi balap yang mempunyai suhu tinggi, mekanik memasang lubang nafas tambahan.

Malah ada yang namanya crankcase evacuation system, yaitu menyedot paksa panas uap oli tapi tidak oleh vacuum dari manifold, akan tetapi ada yang memakai pompa tambahan, ada yang juga mengandalkan sedotan dari knalpot! Dan menurut tunner di sana lumayan banyak menambah horse power buat mesin2 balap mereka.

salah satu link youtube tentang crankcase evacuation system
http://www.youtube.com/watch?v=LzaBV1DUnb0

Nah, dari ide itu, iseng2 deh bikin saluran buang tambahan buat di kijang...hehehe....ngambilnya dari tutup lubang oli ajah :D

siapkan tutup pengisian oli, saya beli yang baru murah kok cuma 20rb, bor ke tukang bubut 15rb

seal karet PCV valve, klo gak salah ini punya starlet atau twincam deh...

PCV valve, sisa dulu bekas ngoprek, bisa pake punya mobil apa aja, klo gak salah ini punya ford

penampakan setelah jadi :)

kaya di mesin2 balap liar kan hehehe.....




selamat DIY yaa oomm....hehehe

*uhuuk

19 comments:

  1. nyang deket logo toyota itu make filter apaan om ? trus itu kan tadinya nyambung ke filter, nah lobang yg menuju filter disumbat kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake breather namanya oom....iya tadinya nyambung ke rumah filter bawaannya, cuma tak pisah pake breather. breather itu memang fungsinya untuk itu oom oki :)

      Delete
  2. Ane pesen yg udah jadi aja om...
    Boleh ga ya...? *sambil pijit pundak yg punya lahan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeh...siapa lagi yang mau ikutan meseeen :D

      Delete
    2. Saya mesen 1 jg gan, udah meler2 nih oli dri ruang busi, hehehe..

      Delete
    3. Nanya lg gan, ini ujungnya disembur kemana ya.. Trus lubang tutup oli itu dibor brp mm.. Thx bos..
      Oiya, skalian harga msg2 part ya bos, tolong dibantu, hehe..

      Delete
    4. boleh oom gr1mmjou,
      boleh minta nomer kontak yg bisa dihubungi gak oom? thanks

      Delete
    5. Udah ane email kontek oom.. Ditunggu wangsitnya, hehehe..

      Delete
  3. Ujung selang yg satunya dikemanain gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selangnya di kasih filter ke udara bebas oom, cari tempat yang aman dari air

      Delete
  4. Salam kenal om dari bogor. Apa bisa juga diadop utk kijang kapsul 01 1800 bensin?. Kl isa mau dong order, jdi tinggal pasang. Bisikin no hp ya om

    ReplyDelete
  5. Mas kl lubang hisap pcv yg masuk ke filter dilepas kemudian diganti filter terpisah apakah fungsinya jg seperti breather... jd kan gak perlu melubangi tutup oli

    ReplyDelete
  6. gan boleh order kah ? ane minat nih

    ReplyDelete
  7. penampakan ujung yg satunya boleh minta gk om..

    ReplyDelete
  8. penampakan ujung yg satunya boleh minta gk om..

    ReplyDelete
  9. om boleh minta nomer kontak? terima kasih

    ReplyDelete