Friday, February 22, 2013

DIY cold air intake

Pernah ngerasa gak kalau musim hujan/malam tenaga mesin lebih enak dibanding siang hari?

Ya, itu karena udara yang tersedot ke mesin adalah udara dingin yang lebih banyak mengikat O2 (oksigen) dibanding udara yang suhunya relatif panas. Pada kijang standar pabrik, belalai air filter arahnya dibelokan kekiri, nah modifikasi kali ini yaitu mengarahkan belalai air filter ke arah depan (tepat dibelakang headlamp) dimaksudkan agar udara yang kesedot adalah udara luar yang lebih dingin.

Untuk memaksimalkan udara yang ditangkap maka saya tambahkan semacam corong yang dibuat dari reflektor lampu rumah yang dibentuk sedemikian rupa (lihat gambar)

corong bekas reflektor lampu

Thursday, February 21, 2013

Manual Book Toyota Kijang Diesel 2LT, 3L



Terkadang ada beberapa teman-teman disini yang penasaran dengan mesin mobilnya atau senang mempelajari hal yang baru mulai dari sekedar coba-coba service ringan seperti ganti oli, ganti busi hingga misalnya membongkar mesin. Tentu apabila semua dilakukan dengan berpedoman pada buku manual, pekerjaan mengoprek mobil sendiri lebih mengasyikan dan tentunya lebih cepat tanpa harus menebak-nebak.

Setiap pabrikan mobil pasti mengeluarkan buku manual untuk tiap merk mobilnya, tetapi ada juga yang hanya untuk konsumsi bengkel resmi saja.

Untuk itu karena saya penasaran dengan manual book mobil Kijang, saya berusaha mencari lewat Google dan mendapatkan beberapa manual book Toyota khususnya Toyota Kijang. Silahkan bagi yang membutuhkan dapat mendownloadnya disini

Wednesday, February 20, 2013

Bikin kinclong lampu speedometer

Akhirnya disempetin juga bongkar2 dashboard sekalian bersihin speedometer.
sekalian aja si bohlam2nya ane ganti semua pake LED, trus dengan sedikit modifikasi supaya daya pendarnya lebih maksimal, alhamdulillah si speedometer sekarang keliatan lebih kinclong.

Berikut penampakannya.....:)

Monday, February 18, 2013

Skema Relay Koil & Relay Stater

Namanya juga mobil udah berumur yah pastinya banyak part yang udah lawas yang menyebabkan kelistrikan jadi kurang sempurna, salah satunya adalah kabel. Kondisi kabel yang sudah berumur dan terkena hawa panas terus menerusdi ruang mesin tentu menyebabkan performanya menurun dan menyebabkan arus yang mengalir jadi kurang sip.

Contoh kasus apabila koil sudah mulai bermasalah atau lemah akibat input strum yang kurang karena masalah kabel yang sudah berumur atau masalah lainnya yg menyebabkan input arus yang masuk ke koil menjadi turun, solusi alternatif dan murah meriahnya yaitu dengan memasang relay di plusnya koil / relay koil.

Selain itu ada tips satu lagi yaitu memasang relay stater, yang fungsi dari penambahan relay ini adalah untuk menambah strum di stater dan juga sekaligus mengawetkan kunci stater. Pada sistem kelistrikan bawaan pabrik, beban stater diterima oleh kunci kontak, dan pada beberapa kasus akibat beban besar yang diterima kunci kontak dapat membuat kunci kontak hangus / tidak awet akibat di stater berulang kali.

Dengan penambahan relay stater ini maka beban arus pada kunci kontak diambil alih oleh stater, dan fungsi konci kontak hanya sebagai trigger relay aja, dan arusnya kecil sekali.

skema relay stater & relay koil

Perhatian: Harap diperhatikan dalam hal instalasi agar mempergunakan kabel yang sesuai dan baik serta terminal yang bagus pula dan selalu gunakan selongsong bakar.
Selain itu, harap diperhatikan sistem perkabelannya agar apabila relay bermasalah di kemudian hari mudah untuk dibalikan ke normal lagi.

skema relay koil

skema relay stater

Tuesday, February 5, 2013

Modifikasi stabilizer link depan


ini ada beberapa foto bagi teman2 yang ingin memodifikasi stabilizer link
depannya dari model tusuk sate menjadi model link rod.
modifikasi ini menggunakan link rod stabilizer great corolla, dikarenakan dimensinya
menyerupai punya aslinya kijang dan mempunyai 2 rod (atas bawah)
Efeknya pergerakan si link menjadi tidak tertahan lagi, seperti pada model tusuk sate, mengakibatkan suspensi depan lebih cepat menyesuaikan kontur jalan, sehingga efeknya mobil terasa lebih napak ke jalan dan lebih diam.

selamat mencoba :)


Stabilizer link Great Corolla
Stabilizer link dan adaptor plat L
Adaptor plat L sebelum di cat
Proses melepas link tusuk sate menggunakan bantuan dongkrak
Dudukan bawah link model tusuk sate setelah dicopot
dudukan link setelah dipasang adaptor

Penampakan setelah perakitan selesai


Selamat mencoba :).....*uhuuk